alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Simpang Tiga Kartasura Padat Lancar

Ary Wahyu Wibowo
Simpang Tiga Kartasura Padat Lancar
Kondisi arus lalulintas di simpang tiga Kartasura, Sukoharjo yang menjadi titik pertemuan arus lalulintas dari arah Semarang, Solo, dan Yogyakarta, Jumat (7/6) petang. FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SUKOHARJO - Arus lalulintas di simpang pertigaan Kartasura, Sukoharjo padat namun lancar, Jumat (7/6/2019). Volume kendaraan terus menunjukkan peningkatan di pertigaan yang menjadi titik pertemuan arus dari Solo, Yogyakarta, maupun Semarang.

Komandan jaga regu 2 pos pantau simpang tugu Kartasura Ipda Kurniawan Tri Atmaja mengatakan, sepanjang hari ini arus lalu lintas cukup ramai lancar dari arah Yogyakarta-Solo, Semarang-Solo, Semarang-Yogyakarta, serta Solo-Semarang. Kepadatan lalu lintas paling banyak didominasi dari arah Yogyakarta-Solo dan Semarang ke Yogyakarta.

“Dari pantauan kami, dominasi kendaraan banyak yang melakukan wisata atau liburan,” kata Kurniawan Tri Atmaja saat ditemui di Pos Pantau Simpang Tugu Kartasura, Jumat (7/6) petang.



Selain itu, juga terdapat sejumlah kendaraan dengan plat nomor luar kota menuju barat (Jakarta) namun belum dapat dipastikan apakah merupakan arus balik atau liburan dan silaturahmi. Karena padatnya arus lalu lintas, kecepatan rata rata kendaraan berkisar antara 40-50 kilometer/jam. Sejauh ini, Polisi belum memberlakukan rekayasa lalu lintas karena arus masih lancar meski padat. Arus lalulintas menunjukkan kepadatan yang signifikan sekitar pukul 12.30 WIB hingga petang.

Pihaknya memperkirakan ini karena arah kembalinya dari kegiatan silaturahmi, wisata dan liburan. Pihaknya memprediksi arus kendaraan berlangsung serupa pada esok hari. Namun penambahan kepadatan saat arus balik diperkirakan tidak terlalu besar karena terpecah ke Jalan Tol Trans Jawa. Untuk mengurai kepadatan dan tidak mengunci, terdapat 12 petugas pos pantau Kartasura yang diterjunkan untuk mengatur lalu lintas.

Dari pantauan di pos pantau yang pada Senin (3/6) malam lalu di depannya terjadi aksi bom bunuh diri, petugas Kepolisian memberikan pengarahan kepada pengguna jalan melalui pengeras suara.

Menjelang pertigaan Kartasura, kendaraan roda dua maupun roda empat dari arah Solo, Yogyakarta maupun Semarang harus memperlambat kecepatan namun tetap bisa melaju. Sehingga, nampak antrean kendaraan mengular sekitar 50-100 meter.



(nun)

loading...