alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Macet di Tanjakan Baturraden, Warga Bantu Ganjal Ban Wisatawan

Saladin Ayyubi
Macet di Tanjakan Baturraden, Warga Bantu Ganjal Ban Wisatawan
Wisata Baturraden, Purwokerto, Banyumas. Ilustrasi

BANYUMAS - Libur lebaran kali ini memang benar-benar dimanfaatkan para pemudik yang berada di Banyumas Jawa Tengah. Sebut saja di lokawisata Baturraden, ratusan kendaraan roda empat mengantre agar bisa masuk ke lokasi wisata. Kondisi jalan yang menanjak membuat sejumlah kendaraan macet karena kondisi mesin yang panas.

Kondisi kemacetan panjang ini terjadi saat ratusan kendaraan roda empat dan roda dua hendak memasuki lokawisata Baturraden. Di terminal bawah Baturraden ini, sejak pagi aparat Kepolisian Resort Banyumas sudah terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas kendaraan.

Meski sudah dilakukan rekayasa satu jalur untuk memasuki lokawisata Baturraden, namun kemacetan tidak dapat dihindarkan. Hal ini terjadi karena sekitar 500 meter sebelum memasuki gerbang lokawisata, kondisi jalan di sini tergolong menanjak cukup ekstrem.



Sementara itu puluhan pengganjal roda ikut membantu mengatasi kondisi kendaraan roda empat yang terjebak kemacetan ditanjakan. Fungsi ganjal kayu ini juga bisa mengurangi kerusakan kopling mobil wisatawan saat macet ditanjakan.

Jasa ganjal roda mobil di area wisata mulai menjamur dengan tarif sukarela. "Kami merasa senang membantu kendaan yang kesulitas saat terjebak macet di tanjakan," terang Warsim, salah seorang pengganjal roda warga Baturraden.

Demikian juga Sarkum, seoranf pengganjal roda yang lain memenyarankan agar pemudik yang akan berkunjung ke lokawisata Baturraden berhati-hati saat menanjak menuju lokasi. Kendaraan juga dianjurkan agar tidak menyalakan AC saat menanjak karena akan mengurangi kekuatan tenaga mobil saat menanjak.

Sementara dari data yang diperoleh dari petugas meporediksi, puncak kunjungan ke lokawisata Baturraden akan terjadi pada hari ke tiga hingga ke lima setelah lebaran.



(mif)

loading...