China Rilis Lisensi 5G Hari Ini, Menyusul Korea Selatan dan AS

Jum'at, 07 Juni 2019 - 07:45 WIB
China Rilis Lisensi 5G Hari Ini, Menyusul Korea Selatan dan AS
China siap mengkomersialkan teknologi jaringan internet generasi kelima atau 5G hari ini. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China Pada secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis lisensi komersial 5G pada 3 Juni lalu.

Menurut laporan media terbaru, tanggal rilis lisensi 5G China telah ditetapkan hari ini Jumat (7/6/2109). Sekarang, operator ingin memulai iklan untuk distribusi lisensi 5G.

Pada saat yang sama, produsen terminal dan produsen peralatan komunikasi secara aktif menghubungi media untuk kebutuhan publikasi.

Laman Giz China melaporkan, sifat dan jumlah batch pertama dari lisensi 5G masih belum jelas. Apakah ini lisensi sementara atau lisensi komersial untuk seluruh jaringan.

Pada 10 Desember 2018, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi secara resmi menerbitkan lisensi frekuensi uji frekuensi sedang dan rendah untuk China Telecom, China Mobile, dan China Unicom.

China Telecom dan China Unicom memperoleh lisensi frekuensi uji untuk pita frekuensi 3500MHz. China Mobile memperoleh frekuensi uji untuk pita frekuensi 2600MHz dan 4900MHz.

Sebagai perbandingan, China Unicom dan Telecom memiliki frekuensi pengujian paling matang dan akan memiliki lebih banyak dukungan terminal pada tahap awal, sementara China Mobile perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengolah rantai industri.

China Mobile berencana untuk menyelesaikan 3.000-5.000 konstruksi stasiun induk 5G pada 2019. Rencana pembangunan stasiun induk China Telecom dan Unicom 5G untuk 2019 masing-masing adalah 20.000.

Di dunia, baru ada beberapa yang mengomersialkan teknologi jaringan 5G. Negara pertama adalah Korea Selatan, lalu ada AS, Jepang, Inggris, dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Sementara untuk Indonesia sampai sekarang belum jelas kapan 5G akan diaplikasikan. Padahal operator telekomunikasi yang ada sudah sering menggelar uji coba dan menyatakan siap mengkomersialkan internet generasi kelima ini.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8662 seconds (0.1#10.140)