alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Pencurian Rumah Kosong, Polres Sukoharjo Patroli Keliling

Ary Wahyu Wibowo
Antisipasi Pencurian Rumah Kosong, Polres Sukoharjo Patroli Keliling
Rumah rumah kosong yang ditinggal penghuninya untuk bersilaturahmi rawan disatroni pencuri. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews

SUKOHARJO - Jajaran Polres Sukoharjo memperkuat patroli keliling di pemukiman penduduk saat Lebaran.  Rumah rumah kosong yang ditinggal penghuninya untuk bersilaturahmi rawan disatroni pencuri.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, patroli wilayah untuk menjamin keamanan, khususnya bagi warga yang tengah mudik. Patroli menyasar kawasan pemukiman, perkantoran, tempat usaha, hingga kos kosan. "Patroli keliling diperbanyak karena rumah rumah yang dalam keadaan kosong rawan terjadi tindak kejahatan, seperti pencurian," kata Iwan Saktiadi, Kamis (6/6/2019).

Beberapa wilayah yang mendapat prioritas diantaranya Kecamatan Kartasura, Grogol, dan Sukoharjo Kota. Personel berpatroli hingga kawasan perkampungan dan masuk gang gang sempit. Seperti di Kecamatan Kartasura, terdapat beberapa kampus yang praktis juga banyak tempat kos kosan. Saat Lebaran, banyak di antaranya yang kosong karena ditinggal mudik penghuninya.



Tak hanya itu, anggotanya juga menyambangi warga untuk memberikan sosialisasi agar ikut bersama sama menjaga keamanan lingkungan. Para pengurus RT dan RW diminta ikut berpartisipasi menggerakkan warganya untuk menghidupkan ronda malam. "Jika mengetahui ada sesuatu yang mencurigakan, kami menghimbau untuk segera melapor," ungkapnya.

Patroli dilakukan bersama sama dengan instansi lain dalam tim gabungan. Waktunya juga tidak ditentukan atau acak, bisa siang, malam atau dini hari. Pihaknya berharap dengan adanya patrol keliling dapat meminimalisir tindak kejahatan selama mudik Lebaran. "Untuk kantor pemerintah dan obyek vital juga kami lakukan patroli," katanya.



(AMM)

loading...