Jamaah Aboge di Probolinggo Jatim Baru Salat Ied Hari Ini

Kamis, 06 Juni 2019 - 11:52 WIB
Jamaah Aboge di Probolinggo Jatim Baru Salat Ied Hari Ini
Ratusan jamaah Aboge di lima kecamatan di Kabupaten Probolinggo menggelar Salat Idul Fitri 1440 Hijriyah hari ini, Kamis (6/6/2019). Foto/iNews/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Jamaah Aboge di lima kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur baru menggelar salat Idul Fitri pada hari ini, Kamis (6/6/2019). Mereka memiliki perhitungan sendiri dalam penentuan Lebaran dengan berpedoman pada Kitab Mujarobat.

Selain jamaah Aboge di Kecamatan Leces, ratusan jamaah di Kecamatan Dringu, Kuripan, Bantaran dan Tegal Siwalan juga melaksanakan Salat Idul Fitri hari ini. Metode penghitungan dengan berpedoman Kitab Mujarobat yang berdasar pada awal penghitungan tahun baru Islam, pelaksanaan Salat Id jamaah Aboge mundur sehari dari penetapan pemerintah.

Pada umumnya jamaah Islam Aboge tidak ada perbedaan dengan Islam pada umumnya. Hanya saja waktu penetapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H yang selisih sehari dari yang ditetapkan pemerintah.

“Bagi kami yang terpenting adalah menjaga kerukunan umat beragama. Pada dasarnya sama Islamnya sama, perbedaan hitungan saja yang berbeda," ujar Anto, jamaah Islam Aboge.

Usai melaksanakan salat ied, mereka menggelar tradisi bersalaman, dilanjutkan makan bersama. Kemudian mereka bersilaturahmi dengan tetangga yang lainnya.

Jamaah Islam Aboge yang selalu menjalin kerukunan dengan masyarakat atau umat Islam lainnya berharap tidak mempermasalahkan perbedaan ini. Pada umumnya Islam Aboge adalah sama yang terpenting adalah menjaga kerukunan untuk menuju Indonesia bersatu dan maju.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8629 seconds (0.1#10.140)