Arus Balik Lebaran, One Way Dirancang dari Kalikangkung hingga Brebes

Rabu, 05 Juni 2019 - 20:26 WIB
Arus Balik Lebaran, One Way Dirancang dari Kalikangkung hingga Brebes
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Almeza Dahniel saat memberikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembagian sembako di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu (5/6) sore. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Polda Jawa Tengah menyiapkan one way atau arus satu arah di area jalan tol saat arus balik Lebaran. Jalur satu arah rencananya dimulai dari Kalikangkung hingga Brebes jika situasi normal tidak memungkinkan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Almeza Dahniel mengatakan, arus mudik Lebaran telah berlangsung lancar berkat adanya tol Trans Jawa. Bahkan saat Lebaran, terjadi penurunan arus dan cenderung normal. Sedangkan prediksi arus balik diperkirakan mulai berlangsung H+3 atau H+4 Lebaran sebagaimana pengalaman tahun tahun sebelumnya.

"Kami telah melakukan antisipasi dengan melakukan simulasi. Yang penting mudik asyik dan balik hepi," kata Rycko Almeza Dahniel usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembagian sembako di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu (5/6) sore.

Jika dalam arus balik dapat diberlakukan normal di jalan tol, maka one way tidak akan dilakukan. Namun jika tidak memungkinkan, maka one way di ruas tol di Jawa Tengah akan diberlakukan mulai Kalikangkung hingga Brebes.

Semua personel dari Polri dan TNI siap melakukan pengamanan untuk arus balik. Sementara, titik-titik kepadatan diperkirakan terjadi di pintu pintu tol yang menjadi favorit.

Kepadatan diperkirakan dari selatan, seperti Purwokerto dan Banyumas yang masuknya melalui pintu tol Pejagan, Brebes Barat, Brebes Timur, Pemalang, Tegal, Pekalongan, dan semarang. Arus mudik berlangsung lancar di antaranya karena ruas tol di Jawa Tengah bisa menampung volume kendaraan dari Jawa Barat dan Jakarta. Jika telah sampai Jakarta, tentunya pintu tol favorit berada di Jakarta, Bandung.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2954 seconds (0.1#10.140)