Viral Video Kecelakaan Karambol akibat Perubahan One Way, Ini Faktanya

Rabu, 05 Juni 2019 - 19:00 WIB
Viral Video Kecelakaan Karambol akibat Perubahan One Way, Ini Faktanya
Kecelakaan karambol terjadi di ruas tol Tembalang, Semarang, Minggu (2/6/2019). Video kecelakaan ini viral tapi dengan keterangan tempat berbeda. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Dunia jagad maya dihebohkan dengan beredarnya video singkat berdurasi 43 detik. Video itu berisi kecelakaan lalu lintas di tol yang menyebabkan sejumlah kendaraan ringsek. Bahkan ada mobil pribadi yang terguling dan barang-barang berceceran.

Dalam video itu juga disertai tulisan "Toll Pemalang-Tegal dari awal searah tiba2 dibikin 2 arah...resikonya begini..., hati2 dlm mengemudikan mobil bila tiba2 tol dirubah jadi 2 arah...". Polisi yang dikonfirmasi membenarkan terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas namun pada ruas yang berbeda.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan, kecelakaan lalu lintas terjadi pada Minggu (2/6/2019) pukul 16.00 WIB di ruas jalan tol Jasa Marga Seksi B tepatnya di KM 9 jalur B arah Jakarta, di Tembalang, Semarang. Kecelakaan itu melibatkan delapan kendaraan bermotor.

Delapan unit kendaraan itu di antaranya truk pengangkut buah semangka nopol E-9872-E, Toyota Rush nopol AA-8937-PB, Daihatsu Sigra nopol A-1163-ZT, Isuzu Panther nopol AD-8906-KS, Toyota Avanza nopol H-8862-MF, Daihatsu Xenia nopol B-1124-BOU, Nissan Livina nopol B-1159-TFV, dan Toyota Avanza nopol B-1374-VI.

Peristiwa bermula saat truk E-9872-E berjalan dari arah selatan (eks Pintu Gerbang Tembalang) ke arah utara (Jatingaleh). Diduga pengemudi tidak bisa menguasai kendaraannya hingga menabrak Toyota Rush AA-8937-PB, Sigra A-1163-ZT, Isuzu Phanter AD-8906-KS yang berjalan searah di depanya.

"Kemudian menabrak Toyota Avanza H-8862-MF, Daihatsu Xenia B-1124-BOU, Nissan Livina B-1159-TFV, Toyota Avanza B-1374-VI yang berjalan dari arah utara (Jatingaleh) ke selatan (eks Gerbang Tol Tembalang) yang sedang dalam kondisi contraflow atau rekayasa lalu lintas," kata Agus, Rabu (5/6/2019).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat menggegerkan warga tersebut. Meski demikian, lima orang menderita luka hingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Lima korban yakni pengemudi Avanza B-1374-PVI, bernama Tupa Marada Opusungu warga Medan yang menderita luka patah kaki kiri. Tiga penumpang kendaraan itu juga turut menjadi korban yakni Semangat Telaumbanua warga Sawo Nias Utara, menderita luka di pelipis.

Selanjutnya Alfrid Walter Sahetapi, warga Sarimau, Maluku, luka dahi lebam dan Veky Bernad Tiwery, warga Amantelu, Ambon, luka pada di kepala belakang robek.

"Korban luka berikutnya penumpang Panther AD-8906-KS bernama Yemima Husetia, warga Plamongan Indah Semarang, luka pada tangan kanan robek. Semua korban dirawat di RS Elisabeth Semarang," katanya.

Polisi yang menerima laporan kejadian itu bergegas ke lokasi untuk melakukan penanganan. Selain menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) polisi juga meminta keterangan saksi sekaligus mengumpulkan barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Tidak ada korban jiwa, hanya luka ringan lima orang," kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3223 seconds (0.1#10.140)