Kawal Bansos, Polres Kulonprogro Buat Program Kampung Kulo Siaga

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:42 WIB
loading...
Kawal Bansos, Polres Kulonprogro Buat Program Kampung Kulo Siaga
Kapolda DIY irjen Pol Asep Suhendar (kanan) saat meresmikan Kampung Kulo Siaga di Mapolres Kulonprogo, Selasa (2/6/2020). Foto: Ist
A A A
KULONPROGO - Polres Kulonprogo membuat program Kampung Kulo Siaga. Progam ini untuk mengawal penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat guna meminimalisir masalah sosial. Kapolda DIY , Irjen Pol Asep Suhendar, meremikan program tersebut di Mapolres Kulonprogo, Selasa (2/6/2020).

Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono mengatakan, situasi pandemi COVID-19 menuntut Polri hadir sesuai amanat Tribrata sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. Oleh karena itu, Polres Kulonprogo membuat progaram Kampung Kulo Siaga dalam mengawal dalam aksi kemanusiaan. Terutama untuk mengkoodinasikan mengenai data-data seperti data masyarakat pemudik, isolasi, miskin, dampak dari pandemi COVID-19 guna, mengawasi dan mengawal agar tidak terjadi masalah sosial.

"Dengan adanya program Kampung Kulo Siaga dampak sosial dapat diminimalisir. Sehingga hingga saat ini di wilayah Kulon Progo tidak terdapat permasalahan mengenai data penerima bantuan sosial pada masa pandemi covid-19 ini," kata Tartono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6/2020).(Baca juga : Dirlantas Polda DIY Tandatangani Pakta Integritas Birokrasi Bersih Korupsi )

Menurutnya, Polres Kulon Progo merupakan Polres pertamadi DIY yang membuat program Kampung Kulo Siaga. Program ini dikemas dengan pelaporan online bernama Menoreh Report System. Sehingga mempermudah pelaporan data pemudik, isolasi, pendistribusi bantuan dan data informasi perkembangan C)VID- 19 di wilayah Kulonprogo.

“Posko Kampung Kulo Siaga ini juga berperan untuk mengontrol ketahanan pangan guna menjaga dan menjamin ketahanan pangan dan kelestarian ekologi di masa pandemi,” paparnya.

Tartono menambahkan dalam menghadapi New Normal dimana menjadi tatanan hidup produktif aman dari COVID-19 dan menjadikan trend baru dengan perilaku ramah lingkungan. Maka peduli atau ramah lingkungan harus terus diupayakan termasuk konsumsi pangan.

“Sangat penting mendorong perilaku dan gaya hidup manusia agar efisien dan ramah lingkungan dalam hal pangan," jelasnya.(Baca juga : Bupati Kulonprogo Jamin Stok Pangan Aman Sampai Akhir 2020 )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)