Rakit Bom Kartasura, Terduga Pelaku Minta Uang Kepada Ibunya

Rabu, 05 Juni 2019 - 15:20 WIB
Rakit Bom Kartasura, Terduga Pelaku Minta Uang Kepada Ibunya
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan keterangan kepada awak media usai pelaksanaan salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019). FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Polisi masih mendalami keterangan terduga pelaku bom bunuh diri di Pospam Tugu Kartasura Sukoharjo pada Senin (3/6/2019) malam. Dalam keterangannya, pelaku mengaku mendapat uang untuk membeli bahan-bahan bom dari orang tuanya.

Terduga pelaku diketahui bernama Rofik Asharudin (22), warga Kranggan Kulon, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo. Dia merupakan anak pasangan suami istri Muhtadi dan Sukinem.

"Dia minta uang sama ibunya, beli peralatan bom itu dicicil. Beli komponen elektronik, beli bahan-bahan kimia untuk mencari dicampur menjadi black powder," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada awak media, usai pelaksanaan Salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019).

"Kalau kemarin dikasihnya dengan menggunakan panci. Kalau panci kan ada di rumah tidak bisa dibeli. Peledakan secara manual (bukan detonator otomatis)," tuturnya.

Aksi pelaku bereksperimen dengan meracik bahan-bahan berbahaya itu juga diketahui oleh orang tuanya. Namun, mereka mengira perbuatan anaknya itu hanya untuk membuat petasan.

"Orang tuanya pernah mengingatkan, hati-hati kalau membuat gitu (mercon). Tapi enggak tahunya malah mercon besar (bom)," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5216 seconds (0.1#10.140)