Sambut Lebaran, Warga Kendal Berburu Bunga Hias untuk Percantik Rumah

Rabu, 05 Juni 2019 - 05:55 WIB
Sambut Lebaran, Warga Kendal Berburu Bunga Hias untuk Percantik Rumah
Warga Kendal berburu bunga hias untuk mempercantik rumah saat Lebaran. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, warga Kendal berburu bunga hias seperti krisan, mawar hingga sedap malam sebagai hiasan di rumah saat Lebaran. Dalam tradisi pasar kembang ini, bunga sedap malam paling banyak diburu karena wangi.

Ribuan warga dari berbagai daerah di Kendal dan sekitarnya sudah memadati Pasar Weleri sejak Selasa (4/6/2019) subuh. Ratusan pedagang bunga beraneka ragam sudah berdatangan sejak pukul 23.00 WIB dan siap menyambut warga yang hendak berburu bunga dalam tradisi pasar kembang menyambut Idul Fitri.

Tradisi tahunan menyambut Lebaran ini selalu dipadati warga yang ingin membeli bunga mulai bunga tabur hingga bunga potong hias. Warga rela berdesakan takut kehabisan bunga yang akan menjadi hiasan di rumah saat Lebaran.

Tradisi pasar kembang yang sudah berlangsung puluhan tahun ini awalnya hanya menggelar bunga tabur untuk ziarah ke makam. Namun perkembangan zaman, pedagang tidak hanya menjajakan bunga tabur tapi bunga potong hias. Bunga jenis sedap malam, krisan, pancawarna, dan bunga mawar potong paling banyak dicari warga.

Ayu, warga Sukorejo rela menempuh perjalanan jauh untuk mencari bunga hias yang akan menjadi pemanis ruang tamunya. Hampir setiap tahun ia membeli bunga potong. "Saya cari bunga sedap malam karena wanginya yang tidak pernah hilang," kata Ayu, Selasa (4/6/2019).

Sementara itu, pedagang bunga potong hias mengatakan, kembang dagangannya didatangkan dari Bandungan, Kabupaten Semarang. Bunga yang paling banyak diburu warga dalam tradisi pasar kembang ini, selain mawar dan krisan, adalah sedap malam. Harganya bervariasi, mulai Rp5.000-Rp30.000.

"Saya setiap tahun selalu berjualan di sini. Jumlah yang dibawa terus bertambah karena permintaan meninggkat," kata Mashuri, pedagang bunga.

Bagi warga yang ingin mendapatkan bunga hias yang sudah dirangkai/ pedagang menyiapkan dengan harga Rp40.000-Rp50.000. Selain bunga hias, pedagang bunga tabur masih banyak diburu. Umumnya bunga tabur ini akan dibawa saat berziarah saat Lebaran.

Dalam satu bungkus bunga tabur yang berisi bunga mawar, pancawarna, pandan, dan selasih dijual seharga Rp5.000. Selain itu juga ada yang namanya bunga sawan atau boreh, biasanya untuk anak kecil agar tidak terkena sawan saat ziarah kubur.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8619 seconds (0.1#10.140)