Kelelahan Jadi Salah Satu Faktor Kecelakaan di Dalam Tol

Selasa, 04 Juni 2019 - 07:52 WIB
Kelelahan Jadi Salah Satu Faktor Kecelakaan di Dalam Tol
Kelelahan Jadi Salah Satu Faktor Kecelakaan di Tol. Ilustrasi
A A A
PEMALANG - Selain faktor kelancaran lalu lintas, aparat kepolisian juga memperhatikan kenyamanan dan keselamatan pemudik saat melalui jalan tol. Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, kenyamanan dan keselamatan pemudik menjadi prioritas.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jateng saat memantau langsung situasi arus mudik bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, di ruas tol trans jawa hingga exit Tol Gandulan Pemalang, Senin sore (3/6/2019).

“Dengan lancarnya jalur Tol, kecepatan kendaraan baik one way maupun normal bisa sampai 100 km/jam lebih, ini sangat berbahaya,” katanya.

“Terlebih lagi bagi saudara kita yang kelelahan dan tidak mau beristirahat, akibatnya beberapa kendaraan mengalami kecelakaan,” tandasnya.

Kapolda Jateng mengatakan, Pemalang merupakan titik rawan kelelahan bagi para pemudik yang menggunakan ruas jalan tol.

“Karena faktor kelelahan, kemarin terjadi kecelakaan tunggal yang menyebabkan 2 orang meninggal dunia di KM 314 Tol Pemalang-Batang,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas di ruas jalan Tol akibat kelelahan, Kapolda Jateng telah melakukan berbagai upaya melalui koordinasi dengan Korlantas Polri dan Dinas perhubungan.

"Batas kecepatan maksimal di jalan tol 100 km/jam, kalau jalan lancar maka kendaraan cenderung melaju di atas ambang batas kecepatan,” jelasnya.

“Untuk mengurangi kecepatan, dilakukan penyekatan agar kendaraan tidak lepas kendali dalam menggunakan jalan tol yang kondisinya lancar saat ini,” imbuhnya.

Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, mengungkapkan keterlibatan TNI dalam pengamanan Ops Ketupat Candi untuk memberikan bantuan kepada Kepolisian.

“Personel kami di bawah kendali Ka Pos Pam, fungsi kami untuk memperkuat pelaksanaan Ops Ketupat Candi,” ucap Pangdam.

Selain di ruas tol, Pangdam juga menyediakan koramil dan kodim sebagai rest area. “Silahkan untuk beristirahat, jangan memaksakan diri, karena salah satu faktor kecelakaan adalah kelelahan,” ungkapnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7791 seconds (0.1#10.140)