Pemerintah Tetapkan Lebaran pada Rabu 5 Juni 2019

Senin, 03 Juni 2019 - 19:38 WIB
Pemerintah Tetapkan Lebaran pada Rabu 5 Juni 2019
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) mengumumkan hasil sidang isbat dalam jumpa pers di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/6/3/2019).
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan hari Raya Idul Fitri 2019. Berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (3/6/2019) hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 Hijriah diputuskan jatuh pada Rabu (5/6/2019).

"Dengan demikian Lebaran atau Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019," kata Lukman dalam jumpa pers di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/6/3/2019). (Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada 5 Juni 2019
Hal tersebut disimpulkan dari paparan Pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya yang menjelaskan posisi hilal dari seluruh wilayah di Indonesia dan juga dunia.

Didapati posisi hilal di Indonesia minus 1 derajat 26 menit, sampai minus 0 derajat 5 menit. "Artinya dari seluruh wilayah posisi hilal di bawah ufuk," kata Lukman.

Selain paparan Cecep, kata Lukman, dalam sidang tadi juga mendengar paparan petugas rukyatul hilal. Dari 33 petugas dari Rukyatul hilal menyebut tidak satupun melihat hilal.

"Dari seluruh wilayah posisi hilal berada di bawah ufuk. Tidak satu pun petugas yang berhasil melihat hilal. Maka sebagaimana ketentuan dan kaidah, ketika hal itu terjadi maka bulan ramadan digenapkan jadi 30 hari," tuturnya.

Lukman bersama perwakilan Majelis Ulama Indonesia Yusnari Yusuf dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher memimpin langsung sidang isbat ini.

Hadir juga dalam sidang isbat, para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Eeselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Seperti isbat penetuan awal Ramadan , proses sidang dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1439 H. Adapun proses sidang isbat berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Kemenag menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1439 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait. Dengan penetapan ini sebagian besar umat Islam di Indonesia akan melakukan salat Idul Fitri pada Rabu (5/6) pagi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1047 seconds (0.1#10.140)