Abdi Dalem Keraton Solo Terima Zakat Fitrah

Senin, 03 Juni 2019 - 16:03 WIB
Abdi Dalem Keraton Solo Terima Zakat Fitrah
Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Gusti Moeng saat secara simbolis menyerahkan zakat fitrah dan paket sembako kepada para abdi dalem Keraton kasunanan Surakarta. FOTO/IST
A A A
SOLO - Para abdi dalem di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo bisa sumringah. Selain gaji bulanan yang cair, mereka juga mendapatkan zakat fitrah dan paket sembako menjelang Lebaran.

Abdi dalem yang menerima zakat fitrah sekitar 430 orang. Mereka bekerja di dalam keraton serta yang menjaga makam keluarga keraton yang ada di berbagai daerah. Zakat fitrah disalurkan di Kompleks Pagelaran Keraton pada Minggu (2/6) malam usai acara buka bersama.

“Zakat fitrah berasal dari sentana (kerabat) yang peduli dengan abdi-abdi dalem Keraton,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng),Senin(3/6/2019).

Penyaluran sengaja menyasar abdi dalem yang sudah mengabdi bertahun-tahun dengan kondisi ekonomi rata- rata masih lemah. Sedangkan untuk gaji bulanan, juga telah cair melalui rekening masing-masing. Sementara, besaran gaji antara Rp170 ribu hingga Rp1 juta. Nilai gaji bervariasi tergantung masa pengabdian. “Ada yang mengabdi antara 20-30 tahun,” terangnya.

Salah satu abdi dalem, Sri Karsini,73, mengaku sangat senang telah menerima zakat fitrah. Abdi dalem bidang adi busana itu merasa pemberian sangat berarti. “Yang penting kebersamaannya. Walaupun nggak banyak ya dicukup-cukupkan,” tutur Sri Karsini. Selain beras, di dalam bungkusan juga terdapat mie, minyak goreng, teh dan biskuit.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6636 seconds (0.1#10.140)