Volume Kendaraan Turun, Exit Tol Colomadu Semakin Lancar

Senin, 03 Juni 2019 - 15:40 WIB
Volume Kendaraan Turun, Exit Tol Colomadu Semakin Lancar
Suasana arus lalulintas di exit tol Colomadu, ruas jalan tol Solo-Ngawi tampak lancar, Senin (3/6) siang. FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Arus mudik di ruas jalan tol Solo-Ngawi melalui gerbang tol Colomadu sangat lancar, Senin (3/6/2019). Jumlah kendaraan yang keluar pintu tol semakin menurun.

Kondisi lancar berlangsung sejak pagi hingga siang hari, baik kendaraan yang masuk maupun keluar pintu tol. Kondisi arus lalulintas cenderung stabil dan tidak ada peningkatan volume kendaraan. “Kondisinya seperti ketika hari hari biasa, mungkin malam agak meningkat. Tapi dari hari ke hari semakin turun,” AKP Sentot Ambar Wibowo, Kapospam Terpadu Ngasem saat ditemui di area exit tol Colomadu, Senin (3/6) siang.

Berkurangnya volume kendaraan yang keluar dari gerbang tol Colomadu dibanding lebaran tahun lalu, diantaranya karena jalan tol Trans Jawa sekarang sudah terkoneksi hingga Jawa Timur. Sehingga, arus kendaraan yang akan ke Sragen, Karanganyar, dan Jawa Timur sudah terpecah pecah. Arus kendaraan yang akan akan ke Klaten, Yogyakarta, Sukoharjo, dan Solo juga terpecah di exit tol Boyolali, exit tol Ngemplak.

Sejauh ini, kendaraan yang keluar sejak pagi hingga siang adalah kebanyakan adalah bus bus besar. Sedangkan kendaraan pribadi banyak keluar antara pukul 02.00 WIB hingga Subuh. Puncak kepadatan tercatat pada Sabtu (1/6) malam yang mencapai sekitar 7.400 kendaran. Sedangkan pada Minggu (2/6) turun menjadi sekitar 4.000 kendaraan. “Pada pada siang hari ini baru sekitar 500 kendaraan,” ungkapnya.

Karena arus lalulintas lancar, maka belum diberlakukan rekayasa lalu lintas. Jika terjadi kemacetan mengingat di depan di exit tol terdapat Jalan Raya Solo-Semarang, maka diutamakan yang dikeluarkan dari jalan tol terlebih dahulu. Sementara, arus lalulintas dari jalan arteri arah Semarang distop terlebih dahulu. Sedangkan dari arah Solo diluruskan bisa masuk ke tol atau ke arah Semarang.

Sehingga, kemacetan di exit tol dibersihkan dulu baru dari arah Semarang dijalankan hingga lancar. Selain itu, di sepanjang jalur exit tol Colomadu hingga Kartasura terdapat beberapa pertigaan atau perempatan. Untuk memperlancar, maka jalan jalan kecil ditutup dan dilancarkan ke arah Sukoharjo, dan Solo.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2705 seconds (0.1#10.140)