ACT DIY Berdayakan Warga Sleman melalui Bank Sampah

Minggu, 02 Juni 2019 - 21:56 WIB
ACT DIY Berdayakan Warga Sleman melalui Bank Sampah
Kegiatan bank sampah yang dilakukan warga Josari, Tridadi, Sleman bersama ACT DIY. FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Relawan dari ACT-MRI DIY memberikan edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat Josari, Tridadi, Sleman. Selain melakukan aksi bersih-bersih, ACT juga meresmikan Bank Sampah Josari Asri (BSJA). Ini merupakan kelanjutan dari pelatihan pengolahan sampah menjadi produk bernilai ekonomis bersama tim dari Akademi Relawan Indonesia (ARI).

"Kita sudah berikan pelatihan, kemudian pengolahan sampah, terus mendapatkan pendampingan secara berkala dari Relawan MRI-ACT Yogyakarta hingga terbentuk Bank Sampah Josari Asri (BSJA)," kata Humas ACT DIY Nasrudin kepada wartawan, Minggu (2/6/2019).

Dijelaskan, peresmian Bank Sampah di Kampung Josari dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Sleman. Dalam pengerjaannya masyarakat diberikan bimbingan teknis bagaimana teknik pemilahan dan penimbangan sampah pada Bank Sampah Josari Asri.

Sementara, Koordinator BSJA, Rani menuturkan, tidak hanya warga Josari, semua masyarakat atau komunitas dapat mengikuti program yang tersedia pada Bank Sampah Josari Asri. Di antaranya program Tabungan Sampah dan Program Sedekah Sampah.

"Adanya program Tabungan Sampah, harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis dengan cara menukarkan sampah di rumahnya setiap sebulan sekali," katanya.

Dilanjutkan, setelah tiga atau enam bulan, tabungan bisa diambil untuk bisa digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan. Sedangkan, "program sedekah sampah akan dimanfaatkan untuk program sosial, pendidikan, layanan kesehatan dan aksi kemanusiaan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT)," katahnya.

Dengan gerakan Bank Sampah juga diharapkan bisa mengurangi volume sampah. Saat ini, setiap hari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul sebanyak 600 ton. Dengan gerakan ini selain mengurangi sampah juga bisa memberdayakan masyarakat.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3988 seconds (0.1#10.140)