3.000 Mainan Tradisional Dibagikan Gratis untuk Pemudik

Minggu, 02 Juni 2019 - 19:00 WIB
3.000 Mainan Tradisional Dibagikan Gratis untuk Pemudik
Petugas dari Pertamina membagikan mainan tradisional kepada pemudik yang mengisi BBM di SPBU Pertamina. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Sebanyak 3.000 mainan tradisional dibagikan secara cuma-cuma kepada pemudik yang menempuh perjalanan ke kampung halaman. Langkah itu sebagai upaya melestarikan budaya daerah agar tidak punah.

General Manager Marketing Operation PT Pertamina Region IV, Iin Febrian, mengatakan, kegiatan membagikan mainan tradisional itu juga disertai pembagian takjil sebagai menu berbuka puasa. Sedikitnya terdapat 8.000 paket takjil yang dibagikan kepada pengendara roda dua maupun empat saat mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Program yang dimulai pada 12 Mei ini juga menyasar kepada pemudik di melintasi tol Jawa Tengah. Kegiatan serupa juga dilaksanakan pada 15 titik Kios Pertamina siaga selama periode arus mudik hari raya Idul Fitri 1440 H.

"Program Berbagi Takjil sudah kami laksanakan sejak awal Ramadhan di 160 SPBU yang tersebar di 21 Kota di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang sedang berpuasa dalam perjalanan pulang ke rumah namun tidak sempat sehingga terpaksa berbuka di jalan," kata Iin, Minggu (2/6/2019).

Mainan tradisional yang dibagikan seperti gasing bambu dan ethek-ethek suara burung sebagai bentuk pengenalan ciri khas daerah sekaligus pelestarian budaya tradisional di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mainan itu sebagai hiburan bagi anak-anak agar tak jenuh selama perjalanan panjang.

"Dengan mainan tradisional tersebut diharapkan para pengendara khususnya pemudik dapat terhibur sekaligus mengurangi stres dalam perjalanan. Dan tentunya kami mengimbau agar selalu berhati-hati dalam berkendara sesuaikan dengan aturan kecepatan saat melintas di jalan tol," kata Iin.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0500 seconds (0.1#10.140)