Jenazah Ani Yudhoyono Diantar AHY dan Ibas hingga ke Liang Lahat

Minggu, 02 Juni 2019 - 16:19 WIB
Jenazah Ani Yudhoyono Diantar AHY dan Ibas hingga ke Liang Lahat
Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (01/6/2019). FOTO/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
A A A
JAKARTA - Suasana khidmat dan haru mengiringi upacara pemakaman Ibu Negara ke-6 RI, Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019) siang. Presiden Joko Widodo memimpin upacara secara militer tersebut.

Prosesi pemakaman dimulai dengan peletakan jenazah Ani Yudhoyono dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup putri mantan Panglima RPKAD Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo tersebut.

Presiden Jokowi selanjutnya membacakan Apel Persada sebagai tanda Negara secara resmi mengantarkan jenazah Ani Yudhoyono ke peristirahatan terakhir.

"Saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada Persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah, nama Hajah Kristiani Herrawati Yudhoyono, Ibu Negara ke-6 RI, putri dari Bapak Letjen TNI Purnawirawan Sarwo Edhi Wibowo yang telah meninggal dunia demi kepentingan dan keluhuran bangsa pada Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura di National University Hospital Singapura karena sakit," kata Presiden Jokowi, Minggu (2/6/2019).

"Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi sauri tauladan bagi semua amal ibadah dan arwahya mendapat tempat semestinya di alam baka. Jakarta, 2 Juni 2019, inspektur upacara:Joko Widodo, Presiden RI."

Diiringi tembakan salvo, jenazah selanjutnya diturunkan ke liang lahat.

Di tempat tersebut, dua putra pasangan SBY-Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang sebelumnya berada di tempat duduk VIP melangkah ke liang lahat. Bersama perwakilan keluarga mereka menerima jenazah Ani.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2983 seconds (0.1#10.140)