H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik, Kepadatan di Palimanan Jadi Catatan

Sabtu, 01 Juni 2019 - 09:40 WIB
H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik, Kepadatan di Palimanan Jadi Catatan
Menhub Budi Karya Sumadi (dua dari kanan) bersama Kapolri, Panglima TNI, dan Menkes saat konferensi pers arus mudik di Brebes, Jumat (31/5/2019). FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
BREBES - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1440 H. Pihaknya pun telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penumpukan kendaraan pemudik di gerbang tol Palimanan Jawa Barat.

"Apa yang terjadi di Palimanan kemarin merupakan efek kita membuka one way ini agak lambat, sehingga terjadi penumpukan. Dan memang karena di situ terjadi suatu jumlah yang melampaui kemampuan gardu yang ada," tutur Budi saat melakukan pemantauan arus mudik di pintu Tol Brebes Barat, Jumat (31/5/2019).

Dia pun mengapresiasi petugas tol yang sigap bergerak membawa mobile rider untuk melayani pemudik agar tak terlalu lama mengantre untuk tap kartu tol. Selain itu, polisi juga berjaga di sekitar gerbang tol untuk menjamin keamanan pemudik.

"Saya terima kasih Bu Desi Arryani (Dirut Jasa Marga) yang menambah mobile rider itu bisa cepat. Jadi pengalaman yang kita lakukan kemarin itu menjadi satu cara untuk menghadapi hari-hari ke depan ini. Hari ini dan nanti H-3 yang kita perkirakan mencapai puncak (arus mudik)," katanya.

Sekadar diketahui, arus lalu lintas di jalur pantura Cirebon di kedua arah padat merayap akibat diberlakukannya one way atau satu arah, pada Kamis 30 Mei. Antrean hingga sepanjang lebih dari tiga kilometer dari arah Jakarta menumpuk menuju Tol Palimanan.

Antrean terjadi meski sistem satu arah sudah diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB. Sistem satu arah diberlakukan mulai KM 70 Tol Jakarta-Cikampek, hingga KM 263 Tol Brebes Barat.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2222 seconds (0.1#10.140)