Banyak Warga Kulonprogo Ingin Transmigrasi ke Sumatera

Jum'at, 31 Mei 2019 - 22:45 WIB
Banyak Warga Kulonprogo Ingin Transmigrasi ke Sumatera
Ilustrasi kawasan transmigran. Foto/Okezone
A A A
KULONPROGO - Program transmigrasi yang sangat populer di zaman Orde Baru ternyata masih banyak diminati warga Kulonprogo. Mereka ingin ikut program pemindahan penduduk ke Pulau Sumatera.

"Sebenarnya minta warga Kulonprogo cukup tinggi, tetapi kuota yang ada sangat terbatas," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Petugas Pelaksana Teknis Pengerahan dan Pemindahan Transmigrasi (PPTP2P) dan Pos Pelayanan Transmigrasi (Posyantrans), Jumat (31/5/2019).

Dia mengungkapkan, para calon transmigran memfavoritkan Pulau Sumatera sebagai daerah tujuan untuk berpindah. Hal ini tak lepas dari akses perjalanan darat yang mudah dicapai. Begitu juga dengan kisah sukses para transmigran yang sudah diberangkatkan sebelumnya.

"Kuotanya itu sedikit, masih ada tapi pulau sendiri dekat Aceh," katanya.

Kabid Transmigrasi Heri Widada mengatakan, setiap tahun kuota yang disiapkan pemerintah cenderung menurun. Untuk Program Transmigrasi regular pada 2016, kuota yang tersedia 51 KK, kemudian 2017 menjadi 18 KK dan tahun 2018 jadi 17 KK.

"Tahun ini kuotanya hanya 15 KK," ucapnya.

Heri menjelaskan, kuota tersebar di empat lokasi meliputi Sigulai di Kabupaten Simeuleu Propinsi Aceh untuk 4 KK. Lalu Saluandeang di Kabupaten Mamuju Tengah, Propinsi Sulawesi Barat sebanyak 4 KK, kemudian Watutinawu di Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara 4 KK dan Lahai Raimuna di Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara untuk 3 KK.

"Dari kuota yang tersedia ini, baru 12 yang mendaftar. Kebanyakan ingin ke Pulau Sumatera," kata Heri.

Kepala Seksi Penyediaan Transmigrasi Totok Hermawan memastikan Program Transmigrasi gratis dan tidak ada yang dipungut biaya. Selain itu, warga transmigran juga akan diberikan rumah serta lahan garapan seluas dua hektare.

"Kami terus menyosialisasi kepada masyarakat untuk Program Transmigrasi ini," tuturnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9597 seconds (0.1#10.140)