Bukber Rekonsiliasi, Jokowi-Prabowo Suap-suapan Klenyem di Solo

Jum'at, 31 Mei 2019 - 21:15 WIB
Bukber Rekonsiliasi, Jokowi-Prabowo Suap-suapan Klenyem di Solo
Empat orang mengenakan topeng Jokowi, KH Maruf Amin, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Mereka mendorong adanya rekonsiliasi antarcapres. FOTO/IST
A A A
SOLO - Azan magrib sebagai tanda buka puasa belum terdengar. Terlihat empat orang mengenakan topeng Jokowi, KH Maruf Amin, Prabowo Subianto, dan Sandiaga Uno.

Empat orang itu juga terlihat membawa makanan dan menu untuk berbuka puasa di depan Taman Air Mancur Manahan Jalan Adi Sucipto, Solo, Jumat (31/5/2019) sore.

Keempat orang itu juga sudah dikepung oleh masyarakat maupun puluhan wartawan dan Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo. Warga juga terlihat membawa spanduk bertuliskan "Jangan Lama-lama Berseteru, Ayo Bersama Lanjutkan Membangun Bangsa", "Indonesia Umat Cinta Damai", dan "Menanti Rekonsiliasi Putra-putra Terbaik Bangsa".

Setelah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tiba di tempat itu. Empat orang yang merepresentasikan dua pasangan calon presiden itu kemudian bergandengan tangan bersama dan membagikan takjil kepada masyarakat bersama Ganjar Pranowo.

Usai membagikan takjil, azan Maghrib pun terdengar. Ganjar mengajak "dua pasangan calon presiden" untuk saling menyuapi menu berbuka puasa, yakni klenyem. Makanan khas Jawa berbentuk seperti bola kecil berisi gula Jawa. Diikuti Ganjar, Wali Kota Solo dan para wartawan, mereka menikmati klenyem.

"Bagaimana, rasanya enak kan. Alhamdulillah. Klenyem ini makanan tradisional, yang artinya bikin ayem," kata Ganjar.

Aksi yang mengandung pesan untuk mengajak kepada masyarakat maupun elit politik tidak lagi berseteru 01 maupun 02 tetapi kembali bersama dalam persatuan Indonesia itu menurut Ganjar benar-benar terwujud.

"Kita semua menginginkan para elit politik bergandengan tangan, agar kesejukan kenyamanan sama-sama dirasakan. Aksi ini representasi masyarakat yang ingin iklim Indonesia ini sejuk," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8791 seconds (0.1#10.140)