Bantu Kenyamanan Pemudik, Kodim Brebes Dirikan Rest Area Tiban

Kamis, 30 Mei 2019 - 23:45 WIB
Bantu Kenyamanan Pemudik, Kodim Brebes Dirikan Rest Area Tiban
Jajaran Kodim 0713/Brebes menyulap kantornya menjadi rest area tiban untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pemudik. FOTO/IST
A A A
BREBES - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, jajaran Kodim 0713/Brebes menyulap kantornya menjadi rest area tiban. Langkah ini dilakukan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan para pemudik yang melintas di pantura.

"Ini sudah rutin dilakukan setiap tahun, khususnya yang berada di sepanjang jalan pantura atau jalur alternatif yang dilintasi pemudik," ujar Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri dalam siaran persnya, Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang sangat berarti bagi rakyat Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Mereka akan mudik pulang ke kampung halaman menggunakan beragam moda transportasi untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Salah satunya moda transportasi darat melalui jalur pantura.

Perjalanan yang jauh membuat para pemudik lelah. Namun keterbatasan tempat istirahat terkadang mendorong pemudik memaksakan diri terus menggeber kendaraannya. Kondisi ini menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas. Berangkat dari situasi ini, jajaran Kodim 0713/Brebes bertekad membantu para pemudik dengan menyediakan rest area dadakan.

Faisal mengatakan, rest area tiban akan didirikan di sabuk merah pantura sampai ke Semarang melalui Koramil-Koramil yang dilewati pemudik. "Kita juga akan mendirikan rest area-rest area di sepanjang pantura sampai Semarang yang dilewati pemudik," ujarnya.

Menurut Faisal, kegiatan ini bukan hanya dilakukan menjelang Lebaran tapi juga saat Tahun Baru. "Saya telah instruksikan kepada para Danramil untuk mempersiapkan rest area guna membantu para pemudik Lebaran dan tahun baru yang melintas di wilayahnya," katanya.

Adapun fasilitas yang disiapkan dalam rest area ala TNI AD adalah velbed untuk beristirahat dan kamar mandi serta musala. Faisal berharap dengan adanya rest area ini dapat membantu pengemudi dan penumpang kendaraan untuk melepas lelah di peristirahatan ala TNI AD ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.9483 seconds (0.1#10.140)