One Way di Tol Trans Jawa, Ini Catatan untuk Sopir Bus

Kamis, 30 Mei 2019 - 17:28 WIB
One Way di Tol Trans Jawa, Ini Catatan untuk Sopir Bus
Hari pertama pemberlakuan sistem one way di tol Trans Jawa diberjalan tanpa hambatan berarti. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
BREBES - Hari pertama pemberlakuan sistem one way di tol Trans Jawa diberjalan tanpa hambatan berarti. Meski demikian terdapat catatan bagi sopir-sopir bus pengangkut pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat agar patuh menggunakan jalur A.

"One way pada hari ini tak ada kendala, berjalan dengan baik. Cuma saya mengingatkan untuk kendaraan bus besar yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta dalam penggunaan sistem one way ini supaya menggunalan jalur A jangan memggunakan jalur B," kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat melakukan pemantauan arus mudik di Gerbang Tol Brebes Barat, Kamis (30/5/2019).

Jenderal bintang dua itu menjelaskan jalur A merupakan jalur dari arah barat ke timur atau Jakarta menuju Semarang. Sebaliknya, jalur B adalah jalur dari arah timur ke barat atau Semarang menuju Jakarta.

"Bus besar diharapkan bisa menggunakan jalur A, jangan melanggar di B. Bila melanggar di B, nanti akibatnya di Brebes Barat kita keluarkan, karena tidak bisa langsung lurus ke Semarang, tidak bisa, karena putarnya pendek," katanya.

"Kepada saudara-saudara kami pengemudi bus, sejak dari Jakarta atau Jabar supaya mengambil jalur A. Itu artinya yang menuju ke Semarang. Bukan contraflow, nanti kesulitan saudara sekalian di Brebes Barat," katanya.

Menurutnya, polisi tak segan untuk mengeluarkan bus-bus dari Jakarta yang masih bandel. "Untuk melanjutkan ke Semarang terpaksa kita keluarkan di Brebes Barat, masuk jalur pantura kalau ingin kembali masuk tol baru masuk ke Brebes Timur," katanya.

Sekadar diketahui, one way arus mudik Lebaran 2019 dimulai dari KM 70 di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) hingga KM 262 di ruas Tol Pejagan-Pemalang. Pelaksanaannya dimulai hari ini Kamis (30/5/2019) sampai Minggu 2 Juni.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8814 seconds (0.1#10.140)