Harlah Pancasila, Ratusan Pemuda Banyumas Gelar Donor Darah

Senin, 01 Juni 2020 - 21:30 WIB
loading...
Harlah Pancasila, Ratusan Pemuda Banyumas Gelar Donor Darah
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan donor darah. FOTO : iNews.tv/Saladin Ayubi
A A A
PURWOKERTO - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan donor darah di Pendopo Sipanji Purwokerto, Senin (01/06/2020).

Aksi sosial ini diegelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus untuk memenuhi kebutuhan darah yang saat ini mengalami penurunan stok, karena pandemi Corona.

Ketua MPC PP Banyumas, Yudho Fristiono Sudiro mengatakan, misi kemanusiaan yang dilakukan berupa kegiatan donor darah merupakan aksi nyata dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Dia berharap kedepan setiap tanggal satu Juni Kader Pemuda Pancasila dapat memndonorkan darahnya.

“Menurut kami Donor Darah adalah bagian dari bela negara. Dijaman yang sudah damai ini, bela negara bukan lagi angkat senjata atau perang. Tetapi lebih untuk menyelamatkan nyawa orang lain melalui darah yang di donorkan,” kata Yudho yang akrab dipanggil Iteng ini.

Iteng menambahkan kegiatan terlaksana kerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas dan Pemkab Banyumas . Mengingat , kondisisaat ini ditengah covid-19 dan juga demam berdarah dinilai akan membutuhkan banyak darah. Selain kegiatan donor darah, Pemuda Pancasila secara serentak juga melakukan pembagian 2000 masker, ikut membantu razia masker serta membagikan 1000 nasi box.

“PP bergerak dan kita turunkan ratusan kader dari berbagai Pengurus Anak Cabang (PAC), meski ada anjuran sosial distanching, tapi demi misi kemanusiaan dan kesehatan kami tetap laksanakan dengan menghadirkan mereka secara bergelombang, tidak dalam waktu yang sama, dan patuh pada protokol,” jelasnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengapresiasi, kegiatan yang digelar Pemuda Pancasila dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila. Menurutnya memperingati Hari Lahir Pancasila itu harus intropeksi diri.

“Sudahkah kita betul-betul mengamalkan Pancasila dengan benar atau hanya slogan dan awang-awang saja. Dengan wujud nyata derma dan berbagi seperti kegiatan inilah menjadi bukti dan salah satu wujud hakekat dari manusia Pancasila itu,” katanya.

Selain derma dan berbagi, menurut bupati manusiai pancasila itu suka bergotong royong, bersimpati, berjiwa kesatria, mau berkorban, membela yang benar, pantang menyerah, suci dalan perkataan dan perbuatan. “Itulah Pancasila sejati,” tambahnya

Pada kegiatan ini dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Husein dan Ketua Tim Penggerak PKK Erna Husein yang dierahkan kepada Ketua MPC Pemuda Pancasila Iteng Yudho Fristiono Sudiro.

Dalam kegiatan donor darah Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas ini, petugas PMI berhasil memgumpulkan 191 kantong darah, sekitar 300 kader yang hadir. Selain Kader yang donor juga hadir semua unsur pengurus inti dan Ketua Lambaga Pemuda Pancasila.(Baca juga : Ringankan Beban Warga yang Dikarantina, Bupati Banyumas Makan Opor Bareng )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)