1.700 Pedagang Warmindo di DIY Mudik Gratis ke Jawa Barat

Kamis, 30 Mei 2019 - 09:21 WIB
1.700 Pedagang Warmindo di DIY Mudik Gratis ke Jawa Barat
Wakil Wakil Gubernur DIY Paku Alam X secara simbolis melepas rombongan mudik gratis pedagang Warmindo yang diselenggarakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. FOTO/SINDOnews/AINUN NAJIB
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 1.700 pedagang warung makan Indomie (Warmindo) di wilayah DIY mudik bersama. Mereka berangkat menggunakan 34 bus dari lapangan parkir Stadion Mandala Krida, Rabu (29/5/2019) malam.

Para pedagang Warmido ini mudik gratis menuju Jawa Barat seperti Kuningan, Tasikmalaya, Ciawi dan sekitaranya. Mereka mudik dengan difasilitasi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Branch Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur TBK Divisi Noodel Cabang Semarang, Devie Permana menyebut mudik gratis yang digelar tiap tahun ini adalah bagian dari CSR perusahaan dan bentuk kepedulian PT Indofood terhadap para pedagang Warmindo. Devie Permana menyebut ada 11.100 pedagang Warmindo se-Jawa yang difasilitasi mudik bersama. Sebelumnya Indofood juga memberangkatkan ratusan pedagang Warmindo dari Semarang dan Solo.

"Ini merupakan bentuk apresiasi kami pada para penjual Warmindo. Kami ingin menjalin keakraban dengan para penjual yang memang merupakan konsumen loyal kami selama ini," katanya.

Devie menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah menginisiasi program Green Warmindo. Yakni mengajak pedagang untuk memilah limbahnya. Limbah plastik dipisahkan dengan limbah yang lain. Program ini sudah berjalan di Semarang. Ada sekitar 54 pedagang Warmindo yang sudah melaksanakan program ini sejak setahun lalu. Dalam satu tahun ada 1 ton limbah plastik yang berhasil dikumpulkan dari 54 pedagang ini.

"Kami mengandeng sebuh yayasan. Limbah plastik ini kita buat tali rafia," katanya. Tahun ini program serupa akan mulai disosialisasikan kepada pedagang di DIY.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X yang melepas langsung para rombongan menyambut hangat agenda mudik gratis ini. "Agenda mudik yang terorganisir bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan hingga tujuan," katanya.

Wali Kota Yogya Haryadi Suyuti yang juga ikut melepas para pemudik menyambut baik program pengolahan sampah plastik ini. Haryadi mengajak para pedagang untuk mau memisahkan limbah plastiknya, mencontoh para pedagang yang ada di Semarang.

Ipan Priyana (46), pedagang Warmindo di Seturan, Sleman mengaku sudah tiga kali ikut program mudik gratis ini. Ipan bersama dua keponakannya akan pulang ke Kuningan. "Selain gratis kita juga dapat kaus dan bingkisan. Lumayan bisa hemat tiket Rp600.000 untuk bertiga," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8609 seconds (0.1#10.140)