Jalan Gito-Gati Dibuka Sementara untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran

Rabu, 29 Mei 2019 - 14:05 WIB
Jalan Gito-Gati Dibuka Sementara untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran
Jalan Gito-Gati dari Denggung-Wonorejo Kabupaten Sleman di buka sementara mulai 29 Mei-10 Juni 2019 untuk arus mudik dan balik Lebaran. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Jalan Gito-Gati dari Perempatan Denggung-Wonorejo yang ditutup sejak Februari 2019 karena untuk perbaikan Jembatan Denggung dan Tlacap, mulai hari ini sudah dibuka. Kendaraan roda empat dan roda dua sudah bisa melewati jalan tersebut. Pembukaan ini hanya sifatnya sementara, selama arus mudik dan balik Lebaran 1440 H, yaitu mulai 29 Mei-10 Juni 2019.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Hari Agus Triyono mengatakan, selain untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik, pembukaan jalan tersebut juga karena pembangunan dua jembatan sudah mencapai 90%. Termasuk, menurut dinas pekerjaan umum, sudah bisa digunakan meski belum sempurna.

"Atas kondisi ini, maka dalam rapat koordinasi Forkompimda DIY diputuskan jalan tersebut dibuka sementara ketika Lebaran pada H-7 sampai H+7," kata Agus di sela-sela pemantauan pembukaan jalan tersebut, Rabu (29/5/2019).

Agus mengatakan dengan masih adanya pengerjaaan underpass di Kentungan diharapkan Jalan Denggung-Wonorejo dapat menjadi jalan alternatif, dari arah barat ke timur. Sehingga akan mengurangi beban di ringroad, Kentungan.

"Kami berharap dibukanya jalan ini bisa membantu para pemudik yang mau ke arah timur, baik dari arah barat maupun utara," katanya.

Koordinator Direksi Lapangan dari Dinas PU DIY Dasroni menegaskan, karena belum selesai 100%, maka untuk kendaraan yang tonasenya melebihi 8 ton belum bisa melalui jalan ini. Karena itu, nantinya akan ada personel PU guna membantu para pemudik yang melintas saat pembukaan Jalan Denggung-Wonorejo tersebut.

Kaur Binops Lantas Polres Sleman, Iptu Riki Heriyanto mengatakan, dengan dibukanya Jalan Denggung-Wonorejo, tentunya akan bisa memaksimalkan arus mudik. Sehingga akan menambah kelancaran di jalur utama.

"Nanti, kami akan patroli di jalan tersebut untuk meninjau dari segi keamanan atau arus yang ada, terdampak sekali atau tidak," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7597 seconds (0.1#10.140)