Waspadai Gelombang 4 Meter di Perairan Selatan Jateng-DIY

Senin, 01 Juni 2020 - 15:30 WIB
loading...
Waspadai Gelombang 4 Meter di Perairan Selatan Jateng-DIY
Gelombang laut selatan Gunungkidul dalam dua hari terakhir setinggi lima meter. Ratusan bangunan dilaporkan rusak. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap mengeluarkan peringatan adanya gelombang tinggi yang masih berpeluang terjadi di perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Samudera Hindia selatan Jabar-DIY.

Gelombang tinggi telah menyebabkan dua warga hilang tenggelam setelah rakit yang dinaikinya dihantam ombak di muara Sungai Lukulo, Kecamatan Tegalretno, Kabupaten Kebumen, Senin (1/6/2020) pagi. Hingga saat ini tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian.

"Oleh karena itu, kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga tanggal 1 Juni 2020 pukul 19.00 WIB, dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," kata Analis Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, Rendi Krisnawan, Senin (1/6/2020).( )

Dalam hal ini, kata dia, tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Jabar-DIY diprakirakan berkisar antara 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi. Sedangkan di wilayah Samudera Hindia selatan Jabar-DIY diprakirakan berkisar 4antara -6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)