4.700 Personel Keamanan Dikerahkan di Laga Final Liga Champions

Rabu, 29 Mei 2019 - 14:00 WIB
4.700 Personel Keamanan Dikerahkan di Laga Final Liga Champions
Jumlah keamanan yang akan mengawal final Liga Champions mencatat rekor terbanyak di satu pertandingan. Foto/IST
A A A
MADRID - Gelaran final Liga Champions 2018/2019 di Kota Madrid sangat mengundang perhatian khalayak luas. Bahkan, Kota Madrid sangat serius mempersiapkan diri sebagai rumah laga final tersebut. Untuk memberikan rasa nyaman dan aman, pihak kota akan menerjunkan kurang lebih 4.700 personel yang merupakan rekor baru di satu pertandingan.

Keseriusan pihak Madrid ini sangat beralasan. Pasalnya, dua tim yang akan berlaga adalah dari Inggris, Liverpool kontra Tottenham Hostpur. Seperti sama-sama diketahui, pendukung dari Negeri Elizabeth selama ini dikenal fanatik.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (29/5/2019), sekitar 67.800 penggemar diperkirakan akan tumplek di Stadion Wanda Metropolitano pada Minggu (2/6/2019). Dan untuk mengawasi pergerakan suporter ini, pihak keamanan akan dibantu drone. Tak hanya sampai di situ. Keamanan sipil, korps pemadam kebakaran dan personel lainnya juga dikerahkan.

Larangan melintas untuk kendaraan berat juga diberlakukan di dekat dekat stadion dan zona pendukung yang ditentukan selama 24 jam mulai pukul 08.00 waktu setempat. "Pasukan keamanan telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, melelahkan, dan luar biasa sehingga kita semua dapat menikmati (pertandingan)," Maria Paz Garcia-Vera, perwakilan pemerintah kota Madrid.

Dia mengatakan para penggemar dari setiap tim nantinya akan dipisah. Perlakuan ini akan diberlakukan saat mereka mendarat di bandara dan mengambil jalur metro yang berbeda ke stadion. Untuk penggemar Spurs nantinya akan ditempatkan di Alun-alun Colon, sementara pendukung Liverpool dilokalisir di Felipe II.

Direktur Polisi Francisco Pardo mengatakan pengawasan melalui udara menggunakan drone merupakan haru dan baru diterapkan tahun ini di Madrid. "Final Champions akan jadi tontonan dunia, mereka akan melihat kami dari seluruh dunia dan polisi Spanyol ingin berada di sana untuk menawarkan citra yang baik tentang Spanyol sebagai negara yang aman, ramah dan bersahabat," kata Pardo.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6335 seconds (0.1#10.140)