Amien Rais Masih Profesor di UMY

Selasa, 28 Mei 2019 - 19:50 WIB
Amien Rais Masih Profesor di UMY
UMY sebut gelar profesor Amien Rais masih berlaku. FOTO/DOK
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menegaskan jika jabatan akademik profesor bagi mantan ketua PP Muhammadiyah Amien Rais masih berlaku. Sebab meski sudah pensiun dari UGM, namun Amien Rais tetap aktif di UMY.

Selain itu, untuk jabatan akademik profesor juga melekat pada diri bukan pada instiusi. Sehingga tetap akan mengikuti kemanapun yang bersangkutan pindah instutusi. Terbukti saat akreditasi UMY, Amien Rais masih diakui sebagai guru besar dan clear diketahui telah pensiun dari UGM.

Wakil Rekor I Bidang Akademik UMY Sukamto menjelaskan, pensiun itu dari sisi status kepegawaiannya di UGM. Tetapi jabatan akademik tidak pernah pensiun kecuali dicabut dari yang memberikan. Buktinya setelah pensiun dari institusi induk (UGM) bisa diangkat menjadi dosen tetap perguruan tinggi lain dan jabatan akademik profesor masih berlaku.

“Banyak dosen pensiun dari UGM, sekarang di perguruan tinggi lain jabatan akademiknya masih melekat dan berlaku. Hanya berbeda status kepegawaiannya dan Nomer Induk Dosen (NID),” terang Sukamto saat dihubungi SINDOnews, Selasa (28/5/2019).

Sukamto menjelaskan Prof Amien Rais bukan hanya berjasa dalam merintis awal berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UMY, namun juga menjadi dosen tidak tetap saat masih menjadi dosen di UGM dan setelah pensiun dari UGM tetap menjadi dosen di UMY.

Hanya saja karena sibuk di dunia politik, menyebabkan aktivitas di UMY berkurang, sehingga kontrak kerja tidak diperpanjang. Meski begitu, dalam setahun sekali, Amien Rais masih memberikan kuliah umum. “Dengan fakta tersebut, maka tidak perlu mengurus atau mencari lagi jabatan profesor,” jelasnya.

Sesuai dengan aturan sekarang untuk usia pensiun profesor 70 tahun dan bisa diperpanjang 3 kali, pertama 5 tahun, kemudian dua tahun dan, dua tahun sehingga bisa sampai usia 79 tahun jika yang bersangkutan masih hidup. “Kita tetap harus objektif melihat sesuatu. Kita ini kan bukan orang politik tapi akademisi, jadi yang lurus-lurus saja,” tandasnya. (Baca Juga: Amien Rais Oposisi ke Pemerintah, Gelar Profesornya Disoal(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5018 seconds (0.1#10.140)