Jelang Lebaran, Stok Pangan di Jawa Tengah Dijamin Aman

Selasa, 28 Mei 2019 - 16:45 WIB
Jelang Lebaran, Stok Pangan di Jawa Tengah Dijamin Aman
Dinas Ketahanan Pangan Jateng memastikan stok pangan di Jawa Tengah aman menjelang Lebaran. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, ketersediaan bahan pangan di Jawa Tengah dijamin aman. Namun begitu, pengawasan akan terus ditingkatkan agar tidak terjadi lonjakan harga yang tinggi.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng, Agus Wariyanto, ketahanan pangan Jawa Tengah cukup mantap karena didukung dari ketersediaan pangan, distribusi pangan, dan keamanan pangan.

"Sebagai pilar penyangga pangan nasional, Jawa Tengah memproduksi minimal 16% beras. Sedangkan di bidang peternakan, per tahun provinsi ini menghasilkan 1,7 juta ekor sapi potong, 70.000 ekor di antaranya didistribusikan untuk pasar di Jabodetabek," kata Agus, Selasa (28/5/2019).

"Selain itu, Kabupaten Kendal yang menjadi pusat telur di Jawa Tengah mampu memproduksi hampir 25%, sehingga ketahanan pangan di Jateng aman," katanya.

Tak hanya itu, sayur-mayur dan buah-buahan di provinsi ini juga surplus. Hanya komoditas bawang putih dan kedelai yang memang masih harus ditingkatkan. Namun secara umum terhitung aman menjelang Lebaran mendatang.

Terkait stabilitas harga, dia tak menampik jika menjelang Lebaran cenderung terjadi peningkatan secara psikologis antara 5%-10%. Namun kenaikan itu dianggap wajar, dan harga diprediksi relatif stabil hingga kurun waktu satu minggu setelah Lebaran.

"Namun untuk mencegah lonjakan harga, kita berupaya untuk menjaga stabilitas harga, sekaligus mengendalikan inflasi. Salah satunya, dengan program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) pada komoditas beras," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0934 seconds (0.1#10.140)