Pemudik Bisa Pantau Lalu Lintas Kota Semarang via Android

Senin, 27 Mei 2019 - 21:44 WIB
Pemudik Bisa Pantau Lalu Lintas Kota Semarang via Android
Wali Kota Semarang saat meninjau kesiapan infrastruktur menjelang arus mudik Lebaran. FOTO/iNews TV/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Para pemudik yang melintas Kota Semarang Jawa Tengah dan tak ingin terjebak kemacetan, bisa memantau arus lalu lintas secara real time. Mereka hanya perlu mengunduh aplikasi ATCS (Area Traffic Control System) untuk memudahkan mendapatkan rute terbaik ke kampung halaman.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya menyediakan beragam layanan informasi kepada pemudik. ATCS dapat dimanfaatkan pemudik untuk melihat CCTV, sedangkan permohonan bantuan atau informasi bisa menghubungi telefon darurat 112 dan Lapor Hendi.

”Bagi Pemudik yang ingin melihat arus lalu lintas Kota Semarang bisa men-download atau install ATCS untuk mengakses CCTV yang sudah kami pasang di tempat-tempat strategis, kemudian pemudik juga bisa memanfaatkan Call Center 112 atau Lapor Hendi apabila menghadapi kesulitan atau perlu informasi," terang pria yang akrab disapa Hendi itu, Senin (27/5/2019).

Hendi juga mengecek langsung kesiapan infrastruktur serta sarana dan prasarana di tempat-tempat strategis yang akan dilalui pemudik. Hal tersebut dilakukannya guna mengantisipasi melonjaknya jumlah pemudik yang diprediksi Pemerintah Pusat mencapai 11%.

Pemantauan kesiapan dengan mengecek Stasiun Tawang, Pelabuhan Tanjung Emas, Bandara Ahmad Yani Semarang. “Kemungkinan yang tertinggi yaitu lewat jalur darat, baik itu naik mobil pribadi, atau bus, dan kereta api," terangnya.

“Tadi saya menemui pimpinan di Bandara Ahmad Yani, pasti akan ada peningkatan penumpang tetapi tidak setajam tahun lalu, karena ada beberapa kendala di kebijakan maskapai. Di pelabuhan, juga seperti itu," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7274 seconds (0.1#10.140)