BI Solo Siapkan Layanan Penukaran Uang di Rest Area Tol Solo-Ngawi

Minggu, 26 Mei 2019 - 20:37 WIB
BI Solo Siapkan Layanan Penukaran Uang di Rest Area Tol Solo-Ngawi
BI Solo akan melayani penukaran uang di rest area Tol Solo-Ngawi saat arus mudik Lebaran. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
SOLO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Solo bakal membuka pelayanan penukaran uang di ruas jalan tol Solo-Ngawi, tepatnya rest area 519A dan rest area 519B saat arus mudik Lebaran. Pelayanan akan dibuka selama tiga hari mulai 30 Mei hingga 1 Juni mendatang.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Solo Bakti Artanta mengemukakan, pelayanan penukaran uang diberikan untuk pemudik yang belum sempat menukarkan uang baru. Sehingga dalam perjalanan sebelum tiba di tempat tujuan, mereka tetap bisa menukarkan uang pecahan baru.

"Pelayanan ini karena kami melihat kebutuhan untuk pemudik, sehingga merupakan sesuatu yang penting," kata Bakti Artanta, Minggu (26/5/2019).

Layanan penukaran uang diberikan di sisi kanan maupun sisi kiri jalan tol. Sehingga dapat menjangkau pemudik dari arah Jakarta maupun arah Surabaya. Total terdapat enam mobil layanan yang terbagi di rest area 519A dan rest area 519B.

Dalam sehari, satu mobil akan melayani 100 orang. Sehingga dengan enam mobil layanan, maka 600 orang dapat dilayani dalam sehari. Sedangkan untuk penukaran uang maksimal Rp4,4 juta. Pembatasan dilakukan agar semuanya dapat kebagian.

BI Solo menyiapkan kebutuhan uang baru untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini nilainya mencapai Rp5,4 triliun. Sejauh ini, penyaluran uang didominasi uang pecahan besar yang mencapai 64%, dan sisanya uang pecahan kecil sebesar 36%.

Dengan berbagai layanan yang disediakan, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menukarkan uang. BI mengimbau agar masyarakat tidak menukarkan uang di sembarang tempat. Selain terkena tambahan biaya, juga beresiko mendapatkan uang palsu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8479 seconds (0.1#10.140)