Tim Satgas Pertamina Harus Fit Sebelum Bertugas

Minggu, 26 Mei 2019 - 19:45 WIB
Tim Satgas Pertamina Harus Fit Sebelum Bertugas
Salah satu mobil tangki usai melakukan pengisian di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Boyolali. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jawa Tengah dan Yogyakarta menerapkan program pemeriksaan kesehatan harian bagi tim satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Seluruh personel tim wajib memeriksakan kesehatannya sebelum memulai bertugas.

General Manager Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan Yogyakarta Iin Febrian mengatakan, komitmen untuk memastikan ketersediaan energi saat arus mudik Lebaran harus didukung oleh sumber daya manusia yang fit dan prima dalam bertugas. "Program pemeriksaan kesehatan harian atau Program Fit To Work, diperuntukkan bagi seluruh pekerja," kata Iin Febrian, Minggu (26/5/2019).

Selain itu juga mitra kerja serta kontraktor Pertamina yang bertugasdi posko satgas, awak mobil tangki (AMT) yang standby mengantarkan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji, serta operator dan tim safety man yang bertugas di Kios Pertamina Siaga. Khusus bagi pekerja dan operator yang bertugas di Kios Pertamina Siaga, tim medical Pertamina MOR IV akan mendatangi kios dan memeriksakan kesehatan mereka setiap tiga hari sekali.

Setiap pagi atau sebelum jadwal shift dimulai, para pekerja wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan yang meliputi anamnesa keluhan secara umum, pemeriksaan tekanan darah, nadi, pernafasan, alkohol test, romberg test (Keseimbangan) dan khusus bagi driver ditambahkan test Konsentrasi. Jika ada awak mobil tangki yang hasil pemeriksaan hariannya tidak fit, PT Patra Niaga sebagai anak perusahaan pertamina yang membawahi akan mengambil tindakan. Yakni akan memblock nama AMT yang bersangkutan agar tidak ditugaskan membawa mobil pada hari itu.

"Selain itu juga wajib merekomendasikan yang bersangkutan untuk beristirahat," ujarnya.

Tak hanya melalui pemeriksaan langsung, Pertamina juga menyediakan aplikasi berbasis web yaitu aplikasi Fit To Work Online yang dibuat untuk memudahkan pekerja mengetahui status kebugarannya di hari itu. Aplikasi juga akan melaporkan hasil pemeriksaan Fit to Work yang terhubung dengan seluruh dokter dan tenaga pemeriksa di seluruh lokasi operasional MOR IV. Pertamina juga memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan Pemudik.

"Kami menyediakan Posko Kesehatan Pertamina di KM 379 A dan KM 260 B yang dilengkapi dengan ambulance dan petugas paramedis yang siaga 24 jam. Fasilitas ini dapat digunakan bagi pekerja Pertamina dan pemudik," katanya.

Tim Medical Pertamina juga menyediakan buku saku mudik yang dididistribusikan di 15 titik Kios Pertamina Siaga. Buku saku mudik berisi informasi tips menjaga kesehatan selama mudik, rumah Sakit terdekat di sekitar titik rest area tol Trans Jawa dan bagaimana penanganan pertolongan pertama bila terjadi gangguan kesehatan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0469 seconds (0.1#10.140)