Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Rumahan untuk Buka dan Sahur

Minggu, 26 Mei 2019 - 08:36 WIB
Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Rumahan untuk Buka dan Sahur
Tempe bacem dengan sensasi rasa pedas, manis dan gurih ini bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tempe bacem bisa menjadi lauk pelengkap untuk hidangan buka puasa atau santap sahur. Selain enak, cara membuatnya pun mudah dan praktis.

Dalam pengolahannya, tempe tidak digoreng lagi, cukup beri sedikit minyak saat bumbu mulai mengering. Rasanya jadi lebih enak karena bumbu menempel sempurna di tempe. Rasanya semakin menggoda saat dicampur dengan cabe rawit. Saat makan penyetin cabenya bersama dengan nasi putih, rasa pedes campur manis gurih bikin makan jadi nambah. Berikut resep membuatnya ala @resepmasakrumahan_. (Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Cemilan Tahu Oti untuk Buka Puasa)

Bahan:
2 papan tempe, potong segitiga
450 ml air kelapa/ air biasa (secukupnya)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Secukupnya asam jawa
Gula merah sesuai selera
2-3 sdm minyak goreng
Garam secukupnya

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai

Cara membuat:
Masukkan tempe, bumbu dan sisa bahan, tuang air kelapa sampai tempe terendam. Tutup panci, masak sambil sesekali diaduk.

Saat air menyusut setengahnya, masukkan cabe rawit utuh, aduk-aduk beberapa saat. Ketika kuah mulai mongering, tuang sedikit minyak, besarkan sedikit api, aduk terus hingga tempe sedikit mengering dan terbalut bumbu. Angkat, sajikan

Note: masak Tempe Bacem dengan menggunakan panci/wajan antilengket biar enggak mudah gosong dan menempel di wajan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1258 seconds (0.1#10.140)