alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Soetrisno Bachir Minta Relawan Jokowi Jadi Motor Perdamaian

Ary Wahyu Wibowo
Soetrisno Bachir Minta Relawan Jokowi Jadi Motor Perdamaian
Soetrisno Bachir saat memotong tumpeng dan diberikan kepada perwakilan keluarga Capres Jokowi dan perwakilan relawan dalam acara Tasyakuran Relawan Jokowi-Maruf Amin di Gedung Graha Saba Buana Solo, Sabtu (25/5/2019) malam. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO

SOLO - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir meminta relawan Joko Widodo (Jokowi) menjadi motor penggerak perdamaian pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Mereka diharapkan dapat merangkul kembali masyarakat yang sebelumnya berbeda pilihan untuk diajak bersama-sama membangun Indonesia.

"Relawan Jokowi di Solo merupakan pusatnya, sehingga menjadi panutan di tempat lain," kata Soetrisno Bachir saat acara Tasyakuran Relawan Jokowi-Maruf Amin di Gedung Graha Saba Buana Jalan Letjend Suprapto, Solo, Sabtu (25/5/2019) malam.

Dirinya menilai orang yang marah akibat menderita kekalahan merupakan sesuatu yang wajar. Dari sisi ilmu psikologi, hal itu ada masa sekitar tiga minggu. Setelah emosi mereda, diharapkan relawan Jokowi dapat menjadi motor perdamaian kepada seluruh anak bangsa.



Relawan dari Solo diharapkan bisa mengawali karena sebagai pusatnya mengingat Capres Petahana Jokowi berasal dari Kota Solo. Mereka diharapkan bisa mengajak saudara saudara yang sebelumnya berbeda pilihan untuk membangun Indonesia.

Sikap Capres Jokowi yang pemaaf meski dicaci maki dan dihina, dapat menjadi contoh yang baik. Para relawan yang posisinya berhubungan langgsung dengan masyarakat, diharapkan dapat merangkul kembali yang semula beda pilihan. Sebab jika tidak dirangkul semua, dikhawatirkan pembangunan menjadi tidak maksimal. Pembangunan dapat berjalan baik jika keterlibatan masyarakat sangat tinggi.

"Mari bersama-sama membangun kembali, kan pemilu itu lima tahunan. Persatuan dan kesatuan dinilai lebih penting dan dikedepankan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif