Ilmuwan Australia: Batasi Minum Kopi Kurang Dari Enam Cangkir Sehari

Jum'at, 24 Mei 2019 - 10:00 WIB
Ilmuwan Australia: Batasi Minum Kopi Kurang Dari Enam Cangkir Sehari
Minum kopi paling nikmat pagi dan sore hari. Namun, pertanyaan yang kemudian muncul, benarkan kopi baik untuk jantung? Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan di University of South Australia di Adelaide meneliti jumlah kopi yang bisa mempengaruhi jantung. Dalam temuan yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, tim peneliti memeriksa genotipe CYP1A2 atau skor genetik untuk metabolisme kafein (caffeine-GS) memodifikasi hubungan antara konsumsi kopi kebiasaan dan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Studi ini kemudian mencoba menentukan berapa banyak kopi yang akan meningkatkan risiko kardiovaskular orang dengan dan tanpa varian genetik ini. Mereka menganalisis data 347.077 orang berusia 37-73, di antaranya 8.368 didiagnosis dengan penyakit kardiovaskular.

“Untuk menjaga jantung yang sehat dan tekanan darah yang sehat, orang harus membatasi kopi mereka menjadi kurang dari enam cangkir sehari. Berdasarkan data kami, enam adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif terhadap risiko kardiovaskular,” kata rekan penulis studi dan profesor Elina Hypponen dalam laporan Media News Today.

Bahkan, peserta yang sering minum enam atau lebih cangkir kopi per hari, dengan masing-masing cangkir mengandung sekitar 75 miligram kafein, mampu peningkatan risiko penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD), penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Umumnya, penyakit ini adalah jantung iskemik (ischemic heart disease) (IHD), stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi (hypertensive heart disease), penyakit jantung rematik (rheumatic heart disease) (RHD), dan penyakit jantung bawaan (congenital heart disease).

"Kebanyakan orang akan setuju bahwa jika Anda minum banyak kopi, Anda mungkin merasa gelisah, mudah tersinggung, atau mungkin mual karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras, tetapi kemungkinan juga menyarankan bahwa Anda mungkin telah mencapai batas Anda. untuk saat ini,” kata Hypponen.

Konsumsi kopi berat dikaitkan dengan sedikit peningkatan risiko CVD, tetapi hubungan ini tidak terpengaruh oleh varian genetik yang memengaruhi metabolisme kafein.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2787 seconds (0.1#10.140)