Ketua MK: Independensi Kami Dijamin 100%

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:18 WIB
Ketua MK: Independensi Kami Dijamin 100%
Ketua MK Anwar Usman memastikan bakal menyelesaikan perselisihan hasil pemilu (PHPU) 2019 secara independen dalam menghadapi setiap gugatan yang akan diproses. Foto/SINDOnews/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menjamin lembaga yang dipimpinnya independen dalam menyelesaikan perselisihan hasil pemilu (PHPU) 2019 .

"Yang jelas independensi itu dijamin 100 persen, dari sembilan hakim tersebut semuanya independensinya bisa dijamin.
Sekali lagi, meskipun ada yang mencoba (mengganggu) Insya Allah kami tidak akan terganggu," ujar Ketua MK Anwar Usman di Kantor MK, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

MK juga tidak akan terpengaruh terkait situasi di luar yang ricuh beberapa hari kemarin. MK juga tidak hanya menyelesaikan perkara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg), tapi perkara lainnya.

"Kami tidak terpengaruh oleh situasi di luar. Independensi itu sudah dimunculkan dari semua perkara, bukan perkara ini saja," ucap Anwar.

Anwar juga memastikan pihaknya akan menyelesaikan perselisihan hasil Pileg selama 30 hari. Sedangkan Pilpres 2019 akan diselesaikan selama 14 hari.

Selain itu untuk memastikan indenpendensi MK, lanjut Anwar, pihaknya akan melakukan proses persidangan secara terbuka. Sehingga publik dapat mengetahui melalui media massa.

"Kami sampaikan sekarang, nanti rekan-rekan media semua bisa menyaksikan persidangan mulai dari awal sampai putusan dan itu dilaksanakan secara terbuka," tuturnya.

Adapun sembilan hakim MK yang akan menangani perkara Pemilu 2019 yakni, Anwar Usman, Aswanto (sekaligus menjabat Wakil Ketua MK), Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, dan I Dewa Gede Palguna. Kemudian Suhartoyo, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih.

Diketahui MK akan menggelar sidang gugatan pilpres pada 17 Juni 2019. Untuk pilpres ditargetkan selesai hingga putusan pada 28 Juni 2019. Sementara untuk sidang gugatan pileg akan selesai pada 9 Agustus 2019.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5773 seconds (0.1#10.140)