Talud Longsor, Dua Rumah di Temanggung Rawan Roboh

Selasa, 08 Januari 2019 - 10:03 WIB
Talud Longsor, Dua Rumah di Temanggung Rawan Roboh
Petugas BPBD Kabupaten Temanggung saat memeriksa rumah milik Wakijan (50) di Dusun Tangulanom RT 03/RW 03 Desa Tangulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Selasa (8/1/2019). FOTO/IST
A A A
TEMANGGUNG - Rumah milik Poyo (55) dan Wakijan (50) di Dusun Tangulanom RT 03/RW 03 Desa Tangulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung terancam roboh. Ini terjadi karena talud di belakang rumah Wakijan longsor pada 4 Januari 2019 lalu.

Saat kejadian, dapur serta kamar tidur juga ambrol. Untuk mengantisipasi agar rumah Wakijan tidak roboh, warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung memasang sejumlah bambu untuk menyangga bangunan yang rawan roboh.

"Talud di belakang rumah Pak Wakijan longsor karena tergerus air hujan. Kami sudah melakukan langkah penanganan untuk mencegah terjadinya longsor susulan," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Temanggung, Selasa (8/1/2019).

Dia menjelaskan, panjang talud yang longsor mencapai 8 meter dengan tinggi 4 meter. Guna mengantisipasi terjadinya, kejadian yang tidak diinginkan warga di larang berada di bawah rumah tersebut.

"Kami imbau kepada pemilik rumah yang rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan terlebih saat terjadi hujan deras," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3371 seconds (0.1#10.140)