Kerusuhan di Jakarta, Bupati Minta Warga Kulonprogo Tak Terprovokasi

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:29 WIB
Kerusuhan di Jakarta, Bupati Minta Warga Kulonprogo Tak Terprovokasi
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo meminta warga tidak terprovokasi kerusuhan massa di Jakarta. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
KULONPROGO - Kerusuhan di Jakarta yang terjadi saat ini menjadi bukti bahwa aksi massa disusupi oleh pihak tidak bertanggung jawab. Karena itu, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo meminta masyarakat tidak ikut terprovokasi.

"Kita jangan sampai terprovokasi. Kita bisa lihat Jakarta seperti itu," ujar Bupati Hasto di Kantor Pemkab Kulonprogo, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan, telah berkomunikasi dengan TNI, Polri maupun Badan Intelejen Negara (BIN). Hasilnya tidak ada pergerakan di Kulonprogo terkait warga yang akan berangkat ke Jakarta.

"Saya imbau masyarakat Kulonprogo dan Yogyakarta bisa tetap sabar menyikapi situasi saat ini," katanya.

Menurut Hasto, warga seharusnya cerdas dalam membaca kondisi politik saat ini. Seusai KPU mengumumkan hasil Pilpres 2019, kubu Prabowo-Sandi juga telah menanggapi dan akan menggunakan jalur konstitusional dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Artinya gerakan people power tidak akan banyak mempengaruhi keputusan karena itu inkonstitusional.

“Aksi massa itu tidak akan mempengaruhi sikap dari MK. Kita harus hormati proses hukum,” ucapnya.

Bupati Hasto mengaku prihatin dengan kerusuhan yang telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Bahkan banyak harta benda yang ikut binasa dari kerusuhan ini.

“Kami sangat prihatin dan itu kan korban yang muspro (tidak bermanfaat),” tuturnya.

Dia meminta masyarakat tidak perlu ke Jakarta dan ikut dalam aksi tersebut. Mekanisme hukum sudah ada untuk menyelesaikan sengketa.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1207 seconds (0.1#10.140)