Sultan Dorong Rekonsiliasi Satukan Masyarakat Pasca Pemilu 2019

Selasa, 21 Mei 2019 - 18:55 WIB
Sultan Dorong Rekonsiliasi Satukan Masyarakat Pasca Pemilu 2019
Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyerukan rekonsiliasi untuk menyatukan masyarakat pasca pengumuman hasil Pemilu 2019. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
YOGYAKARTA - Rekonsiliasi perlu dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Langkah ini penting untuk menjernihkan suasana kebatinan masyarakat.

Menurut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, KPU telah merampungkan rekapitulasi pemilu. Ini saatnya bangsa Indonesia menantikan pengumuman hasilnya sesuai dengan amanat undang-undang.

"Setelah itu, harus ada inisiasi untuk melakukan rekonsiliasi, mendinginkan suasana kebatinan dari pada pendukung," kata Sultan di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (22/5/2019).

Saat ini, kata dia, yang dibutuhkan bagaimana menjernihkan kondisi bangsa ini. Masyarakat harus paham dan bisa mengedepankan persatuan bangsa.

Bagi pendukung pasangan Jokowi - Maruf harus merayakan kemenangan dengan mengedepankan Tepo Seliro. Sedangkan, pihak Prabowo - Sandiaga juga memiliki sikap ksatria.

"Jika masih dirasa kurang harus dengan menggunakan jalur hukumm. Namun angkah itu harus ada dukungan bukti sah dan meyakinkan. Jangan dibawa ke ranah demokrasi jalanan," ujar dia.

Sultan juga meminta kepada warga DIY untuk kembali mengeratkan nilai-nilai sosial. Selain itu membangun kebersamaan, dan senantiasa menjaga kerukunan.

"Mari kita kembali pada harmoni kehidupan degan mengedepankan persatuan dan kesatuan," ujar Sultan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2033 seconds (0.1#10.140)