alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terima SK CPNS, Bidan di Sleman Diminta Beri Pelayanan Prima

Priyo Setyawan
Terima SK CPNS, Bidan di Sleman Diminta Beri Pelayanan Prima
Bupati Sleman menyerahkan SK CPNS kepada PTT bidan Sleman di ruang Bima Badan Kepegawaian Pendiikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Selasa (21/5/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan para bidan yang sudah diangkat menjadi calon pengawai negeri sipil (CPNS) dituntut loyal dan bertanggung jawab dalam mengemban tugas. Selain itu juga harus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan prima, terutama kepada ibu hamil dan melahirkan serta bayi.

Bupati mengatakan, bidan merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan di tingkat dasar. Saat ini di Sleman masih ada kasus kematian ibu melahirkan, yaitu antara 6-7 orang.

"Karena itu bidan yang diangkat menjadi CPNS harus bersama-sama menekan angka kematian ibu dan bayi serta bayi stunting," kata Sri Purnomo saat menyerahkan surat keputusan CPNS kepada 26 pegawai tidak tetap (PTT) tenaga bidan di ruang Bima kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Selasa (21/5/2019).



Selain di klinik kesehatan, bidan juga harus memberikan pelayanan kunjungan ibu hamil dan pendampingan saat proses kelahiran. Bidan juga diminta menyosialisasikan pentingnya imunisasi serta pendampingan dalam memberikan gizi terbaik bagi bayi dan balita.

"Ini yang harus diperhatian. Apalagi menjadi CPNS, tidak boleh seenaknya sendiri. Harus menjaga sikap dan perilaku, tidak hanya perilaku di tempat kerja, tetapi juga perilaku di masyarakat. Sebab pengawasan tidak hanya selama jam kerja tetapi juga dalam aktivitas
kehidupan bermasyarakat," katanya.

Plt Kepala BKPP Sleman, Suyono menjelaskan, proses pengangkatan bidan menjadi CPNS berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25/2018 tentang Jabatan Dokter, Dokter Gigi dan Bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.  

Pengangkatan ini juga telah diawali dengan proses penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Kesehatan dengan Bupati Sleman pada tanggal 21 Desember 2018 lalu. "26  bidan itu secara resmi menjadi CPNS Sleman terhitung mulai tanggal (TMT) 1 April 2019 dengan golongan II/C," katanya.



(amm)

loading...