alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Kendal Berdesakan dan Berebut Sembako dan Pakaian Murah

Eddie Prayitno
Warga Kendal Berdesakan dan Berebut Sembako dan Pakaian Murah
Pasar Murah Lebaran yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, Selasa (21/5/2019) pagi diwarnai aksi dorong dan berdesakan. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Pasar Murah Lebaran yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, Selasa (21/5/2019) pagi diwarnai aksi dorong dan berdesakan. Warga yang ingin mendapatkan sembako dan pakaian murah berebut mendapatkan paket sembako yang dijual jauh lebih murah dari harga pasaran.
 
Pasar murah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Alun-Alun Kendal sudah dipadati ratusan orang yang sudah menunggu sejak Selasa (21/5/2019). Mereka merangsek di depan stan yang menjual sembako dan pakaian pantas pakai meski belum buka. Para pengunjung khawatir tidak kebagian karena paket yang disiapkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak banyak. Bahkan sejumlah orang sudah mulai mengambil barang yang dijual sambil menunggu pasar murah dibuka.
 
Suasana makin tidak terkendali saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal Mohamad Toha membuka Pasar Murah Lebaran. Warga saling dorong dan berdesakan berebut sembako dan pakaian murah.
 
Seperti minyak goreng, harga di pasar biasanya Rp13.000, tapi di pasar murah ini hanya dijual Rp10.000 per liter. Kemudian beras yang biasanya dijual Rp10.000, di pasar murah ini hanya Rp8.000.

"Saya borong sembako untuk kebutuhan sehari-hari karena harganya jauh lebih murah," kata Irna, salah satu warga yang rela berdesakan-desakan.
 
Sekda Kendal Mohamad Toha mengatakan, ada 76 stan yang diisi OPD dan instansi lain. Harga di pasar murah ini lebih miring 10% dibandingkan harga di pasaran. "Harapannya warga bisa mendapatkan sembako murah untuk kebutuhan Lebaran mendatang," kata Mohamad Toha.
 
Dalam pasar murah ini apartur sipil negara (ASN) tidak diperkenankan ikut membeli barang yang dijual. ASN diperbolehkan berbelanja di pasar murah setelah warga selesai berbelanja karena pasar murah ini diprioritaskan untuk warga Kendal.





(amm)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif