Arus Mudik Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 24 Persen

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:45 WIB
Arus Mudik Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 24 Persen
Arus Mudik Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 24 Persen. Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Jawa Tengah dan DIY diperkirakan melonjak hingga 24 persen selama masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H. Pasokan BBM juga dijamin aman di sepanjang jalur mudik dengan tersedianya sejumlah tempat pengisian bahan bakar maupun motoris.

General Manager Marketing Operation Region IV Jateng & DIY, Iin Febrian, mengatakan tren peningkatan konsumsi BBM rata-rata meningkat 24% lebih besar dari rata-rata harian normal untuk Gasoline (Premium dan PertaSeries) yaitu dari 12.240 KL menjadi 15.124 KL.

Sementara Gasoil (Biosolar dan Dex series) akan mengalami penurunan -12% dari normalnya 5.094 KL menjadi 5.810 KL dikarenakan penurunan aktivitas pengiriman dan pembatasan angkutan barang.

“Strategi pembentukan Satgas (Satuan Tugas) tahun ini diperkuat dengan 45 SPBU Kantong dan 22 SPBE kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki ke lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan dan kepadatan,” jelas Iin, Selasa (21/5/2019).

Berbeda dengan fasilitas Kios pada mudik lebaran sebelumnya, pada tahun ini Pertamina MOR IV berinovasi pada fasilitas pengisian BBM di kios. Bila pada tahun sebelumnya Kios Pertamina di dominasi dengan penjualan BBM Manual dan kemasan, kali ini Pertamina menggunakan SPBU nonpermanen yaitu Modular dan Modular Kompak yang dilengkapi dengan tangki dan dispenser sehingga mempersingkat waktu pengisian BBM di rest area.

"Sebanyak 15 Kios Pertamina Siaga pada tahun ini terdiri dari 7 titik Kios Modular Kompak, 2 titik kios Modular, 5 titik kios Mobile Dispencer, dan 2 titik kios kemasan," tukasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1565 seconds (0.1#10.140)