KA Jayakarta Tabrak Mobil dan Motor di Solo, Enam Orang Luka-Luka

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:15 WIB
KA Jayakarta Tabrak Mobil dan Motor di Solo, Enam Orang Luka-Luka
Mobil Toyota Yaris yang tertabrak KA Jayakarta saat dievakuasi dari jalur rel, Senin (20/5/2019) malam. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Palang Pintu Kereta Api (KA) Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Senin (20/5/2019) malam. Kecelakaan melibatkan Kereta Api (KA) Jayakarta, mobil Toyota Yaris dan empat sepeda motor. Enam orang dilaporkan luka luka akibat
tertabrak KA dan dilarikan ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, kecelakaan terjadi sekitar pukul 19.26 WIB. Sebelum kejadian, melintas lokomotif tanpa menarik gerbong melintas dari arah barat menuju Stasiun Purwosari. Kala itu, palang pintu tertutup dan semua kendaraan berhenti.
Sesaat setelah lokomotif melintas, palang pintu terbuka dan kendaraan dari arah timur maupun barat mulai melintasi perlintasan sebidang yang terdiri dari dua jalur ganda (double track) tersebut.

"Jadi palang pintu memang terbuka dan bukan menerobos palang," ungkap Maretta (20),
salah satu pengendara sepeda motor Honda Beat yang tertabrak KA saat ditemui di RS Panti Waluyo, Senin (20/5/2019) malam.

Ketika korban melintasi rel, ternyata dari arah Stasiun Purwosari melintas KA Jayakarta. Saat itu, arus lalu lintas cukup padat. "Saya tidak tahu kendaraan saya tertabrak di bagian depan atau belakang," tutur perempuan asal Guwosari, Kecamatan Jebres, Solo ini.

Dirinya baru tersadar atas kejadian itu setelah warga menolongnya. Saat itu, ia juga melihat Vero (20), temannya, warga Tipes, Solo juga menjadi korban tertabrak KA. "Kami naik motor sendiri sendiri dari arah timur ke barat," katanya.

Maretta mengaku mengalami luka memar-memar I beberapa bagian tubuh. Sedangkan Vero, temannya mengalami luka di bagian muka dan dahi. Sesaat setelah kecelakaan, ia melihat motor yang ia kendarai dan sepeda motor rekannya dalam posisi ambruk di tengah jalan. Pasca kejadian, ia dan temannya dibawa ke RS Panti Waluyo Solo untuk mendapatkan perawatan medis.

Kanit Lakalantas Polresta Solo Iptu Bambang Subekti mengatakan, selain dua korban luka yang dirawat di RS Panti Waluyo, juga terdapat empat korban luka lainnya yang dibawa ke RS Kasih Ibu Solo. Empat orang itu merupakan dua pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil Toyota Yaris dan satu penumpang.

"Semua korban rata-rata mengalami luka ringan," kata Bambang.

Namun untuk identitas para korban berikut kendaraannya, sejauh ini masih didata anggotanya yang ada di lapangan. Dari penyelidikan sementara, seluruh kendaraan yang tertabrak KA semuanya melaju dari timur ke barat. Sedangkan mobil yang tertabrak KA, sempat terseret sekitar 50 meter dari titik awal kecelakaan.

Mengenai informasi dua KA yang melintas dan palang pintu terbuka sesaat setelah satu KA melintas, hal itu masih dalam penyelidikan. Termasuk penjaga palang pintu KA tengah dimintai keterangan.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, penyebab KA Jayakarta tertemper mobil dan kendaraan masih diselidiki penyebabnya. KA itu sendiri berangkat dari Stasiun Balapan ke arah Yogyakarta.

"Akibat kejadian itu, KA Jayakarta mengalami keterlambatan sekitar 34 menit," ungkap Eko Budiyanto.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4426 seconds (0.1#10.140)