alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunung Merapi Sore ini Semburkan Awan Panas Sejauh 1,1 Km

Suharjono
Gunung Merapi Sore ini Semburkan Awan Panas Sejauh 1,1 Km
Gunung Merapi meluncurkan awan panas sejauh 1,1 kilometer, Senin (20/5/2019) sore. FOTO/BPPTKG

YOGYAKARTA - Gunung Merapi hari ini tidak hanya mengeluarkan lava pijar. Setelah hampir tiap satu jam mengeluarkan lava pijar, sore tadi gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah ini mengeluarkan awan panas guguran yang dikenal dengan sebutan wedus gembel.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran tercatat di seismogram di BPPTKG pada pukul 15.37 WIB. Awan panas guguran dengan amplitudo 65 mm dengan durasi yang cukup panjang yaitu 118 detik.

"Jarak luncur awan panas 1.100 meter atau 1,1 km, menuju ke arah hulu Kali Gendol," katanya kepada SINDOnews, Senin (20/5/2019).



Dijelaskan, saat ini aktivitas Gunung Merapi memang menunjukkan peningkatan. Namun dari skala pergerakan magma, BPPTKG menyatakan masih dalam skala rendah sehingga belum membahayakan aktivitas warga.

BPPTKG, kata Hanik, sudah menyampaikan rekomendasi untuk jarak aman aktivitas warga dengan radius lebih dari 3 km dari puncak Gunung Merapi. Untuk itu pihaknya berharap masyarakat untuk tetap tenang dan hanya mempercayai informasi resmi dari BPPTKG.

"Merapi masih pada status waspada atau level II," katanya. (Baca juga: Hampir Sejam Sekali Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar)



(amm)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif