alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung untuk Berbuka Puasa

Diana Rafikasari
Resep dan Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung untuk Berbuka Puasa
Es oyen bisa menghilang dahaga saat berbuka puasa. Minuman ini terbuat dari beragam isian, seperti alpukat, kelapa muda dan nangka. Membuatnya pun mudah. Foto/IST

JAKARTA - Menahan haus seharian berpuasa, minum es adalah salah satu yang dinanti ketika berbuka. Untuk sore nanti, tak ada salahnya mencicipi es oyen, minuman khas Bandung yang terbuat dari beragam isian, seperti alpukat, kelapa muda dan nangka.

Es oyen semakin terasa menyegarkan ditambah dengan air kelapa, susu kental manis, sirup dan es batu. Cara membuatnya mudah. Berikut resepnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Resep dan Cara Membuat Gulai Bebek Muda untuk Sahur dan Berbuka)

Bahan-bahan:
100 g daging kelapa muda
100 ml air kelapa muda
100 g pacar cina
1 buah alpukat
5 buah nangka, potong dadu
100 ml kental manis
100 ml sirup rasa coco pandan
Es batu



Cara membuat:
Pacar cina, didihkan air. Masukkan pacar cina. Rebus hingga pacar cina matang, berwarna cerah, dan transparan. Saring lalu pindah ke air berisi air dingin, sisihkan. Keruk daging buah alpukat, sisihkan.

Siapkan mangkuk. Isi dengan es batu yang sudah dihancurkan. Tambahkan 3 sdm daging kelapa muda, 50 ml air kelapa muda, 3 sdm pacar cina, 2 sdm makan alpukat, lalu 1 sdm potongan nangka. Beri kental manis dan sirup rasa coco pandan di atasnya. Es oyen siap dihidangkan.



(amm)

loading...