Mahad Aly TBS, LFNU dan PTYQM Gelar Praktik Penentuan Arah Kiblat

Senin, 20 Mei 2019 - 12:13 WIB
Mahad Aly TBS, LFNU dan PTYQM Gelar Praktik Penentuan Arah Kiblat
Praktik penentuan arah kiblat dilangsungkan di kompleks PTYQM Kudus. FOTO/IST
A A A
KUDUS - Tanggal 28 Mei 2019 merupakan jam kiblat, yakni waktu untuk menentukan arah kiblat. Jam kiblat ini akan berlaku di seluruh wilayah Indonesia, pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

Untuk memberikan pemahaman bagaimana menentukan arah kiblat, Mahad Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kudus dan Pondok Tahfidh Yanbuul Quran Menawah (PTYQM) menggelar praktik penentuan arah kiblat.

Praktik penentuan arah kiblat itu dilangsungkan di kompleks PTYQM, Minggu (19/5/2019) sore, yang diikuti sekitar 600-an santri. tampak hadir di tengah mereka, Ustaz Ali Musthofa, koordinator tahfidh PTYQM dan beberapa muhadlir Mahad Aly antara lain Ustaz Noor Aflah, Ustaz Kholilurrohman, Ustaz Misbahuddin Anwar, Ustaz Syaifuddin, Ustaz Auzi’ni, Ustaz Irsyad RA, dan Ustaz Fuad.

Sebelum praktik, para santri diberikan pemahaman terlebih dahulu terkait pentingnya memahami bagaimana penentuan arah kiblat. "Menentukan arah kiblat sebenarnya tidak sulit. Itu bisa dilakukan dengan bantuan sinar matahari. Dengan bantuan sinar matahari, arah kiblat bisa diketahui secara akurat dan murah," kata Ustaz Kholilurrohman.

Usai paparan singkat, praktik kemudian dilakukan. Para santri tampak tertarik mengikuti praktik, dengan menggunakan berbagai peralatan sederhana yang telah disiapkan oleh tim Mahad Aly TBS Kudus.

"Kami berharap, para santri bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kiblat, setelah ini. Dan bersyukur, jika pada 28 Mei nanti, bisa mempraktikkan menentukan arah kiblat di daerah asal masing–masing, karena santri PTYQM ini berasal dari berbagai penjuru Tanah Air," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8936 seconds (0.1#10.140)