alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS-Iran Makin Panas, Saudi Serukan Pertemuan Liga Arab

Berlianto
AS-Iran Makin Panas, Saudi Serukan Pertemuan Liga Arab
Raja Salam dari Arab Saudi menyerukan pertemuan mendadak Liga Arab dan Dewan Kerja Sama Teluk menyikapi memanasnya situasi di Timur Tengah. Foto/Istimewa

RIYADH - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran direspon oleh Arab Saudi. Saudi menyerukan pertemuan mendesak Dewan Kerja Sama Teluk regional dan Liga Arab untuk membahas masalah ini. Demikian laporan kantor berita resmi Arab Saudi.

Saudi Press Agency mengatakan Raja Salman telah mengundang para pemimpin teluk dan negara-negara Arab ke kedua KTT darurat itu di Mekah pada 30 Mei untuk membahas agresi dan konsekuensinya baru-baru ini di kawasan itu seperti dilansir dari AFP, Minggu (19/5/2019).

Ketegangan meningkat di Teluk dengan AS mengerahkan kapal induk dan pembom ke wilayah tersebut atas dugaan ancaman dari Iran.



Empat kapal termasuk dua kapal tanker minyak Saudi rusak dalam serangan sabotase misterius pada hari Minggu di Fujairah, sebuah pelabuban di Uni Emirat Arab yang terletak di pintu masuk penting ke Teluk.

Insiden itu diikuti oleh serangan pesawat tak berawak pada Selasa oleh pemberontak Houthi Yaman pada pipa minyak utama Saudi, yang menyediakan rute ekspor alternatif jika Selat Hormuz ditutup.

Iran telah berulang kali mengancam akan mencegah pengiriman minyak di Selat Hormuz dalam kasus konfrontasi militer dengan Amerika Serikat, yang telah menjatuhkan sanksi pada Teheran dalam beberapa bulan terakhir.



(nun)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif