Ferrari 488 Pista, Mobil Harian yang Bisa Diajak Balapan

Senin, 07 Januari 2019 - 11:07 WIB
Ferrari 488 Pista, Mobil Harian yang Bisa Diajak Balapan
Ferrari 488 Pista. FOTO/IST
A A A
MILAN - Jika Anda mencari mobil harian yang mudah diajak kebut-kebutan, maka Ferrari 488 Pista bisa menjadi pilihan. Supercar ini merupakan penerus Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale yang memiliki unggulan pada performa dan handling yang nyaman.

Seperti dilansir dari Xedoisong, Nama Ferrari 488 Pista merupakan penghormatan secara langsung terhadap kiprah Ferrari dalam motorsporty ang tak tertandingi. Pengembangan mobil ini, berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship -Ferrari telah memenangkan lima gelar Manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri, menjuarai 29 dari 50 seri balapan- dan 25 tahun pengalaman dalam menjalankan Ferrari Challenge one-make series.

pemangkasan berat pada Ferrari 488 Pista, bersama dengan pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan merupakan inspirasi dari mobil balap Ferrari: 488 GTE dan 488 Challenge. Hasilnya adalah sebuah mobil dengan misi tanpa kompromi yang menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit, bahkan saat dikendarai oleh seorang pengendara non profesional.

Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg (1280 kg bobot kering), jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 hp), maka akan menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8. Mesin V8 adalah yang paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dan merupakan evolusi ekstrem dalam hal unit turbonya yang telah memenangkan penghargaan International Engine of the Year pada tahun 2016 dan 2017.

Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan roda gila yang ringan, selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperticon rodstitanium danintake plenumdari serat karbon.

Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensorr ev terpadu serta disain saluranair intakeyang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang untuk memastikan aliran udara yang lebih bersih. Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respons turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.

Suara mesinnya unik dan khas Ferrari, jaminan sebuah mobil spesial. Kualitas suara dan intensitasnya lebih tinggi dari 488 GTB di semua tingkat perpidahan gigi dan pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif. Ferrari 488 Pista memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalammotorsportuntuk performa aerodinamis yang maksimal bahkan di jalan raya.

Di antara solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan desaindiffuserdepan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkandownforce. Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah didesain ulang, dandiffuserbelakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4520 seconds (0.1#10.140)