alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siap untuk Mudik, Jalur Alternatif Semarang-Magelang Hanya 1,5 Jam

Ahmad Antoni, Taufik Budi
Siap untuk Mudik, Jalur Alternatif Semarang-Magelang Hanya 1,5 Jam
Gubernur Ganjar Pranowo motoran bersama rombongan mengecek jalur alternatif Semarang-Magelang, Sabtu (18/5/2019). FOTO/IST

SEMARANG - Sejumlah jalur alternatif dipersiapkan untuk menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H di Jawa Tengah. Di antaranya adalah jalur alternatif Semarang-Magelang via Kopeng Salatiga.

Untuk mengecek persiapan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung turun tangan ke lapangan. Menggunakan sepeda motor, Ganjar berkeliling untuk melihat kondisi jalur alternatif yang memang disiapkan bagi para pemudik itu.

Ganjar dan rombongan berangkat dari kediaman di Puri Gedeh pada pukul 14.30 WIB, Sabtu (18/5/2019). Rombongan bergerak melewati Semarang-Kabupaten Semarang, Salatiga-Kopeng hingga tembus Magelang pada pukul 16.00 WIB.



"Jalur alternatif tadi lumayan bagus, meskipun memang masih ada perbaikan kecil di sejumlah titik, tapi yang jelas jalur ini sudah siap dilalui pemudik," kata Ganjar.

Di jalur alternatif itu, sejumlah rambu sudah dipasang. Selain itu, penerangan juga cukup dan pemasangan mata kucing juga dilakukan di jalur-jalur darurat.

"Sudah bagus, semoga bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk menjadi alternatif jika terjadi kemacetan di jalur utama," tuturnya.

Gubernur menegaskan bahwa semua jalur alternatif di Jawa Tengah sudah siap untuk dilewati pemudik. Pihaknya sudah memerintahkan bupati/wali kota yang ada jalur alternatifnya untuk melakukan percepatan.

"Apabila ada lubang-lubang kecil, saya perintahkan ditambal dulu. Kalau ada jalan yang melintas di daerah darurat dan membutuhkan penerangan, saya perintahkan dipasang penerangan portable," katanya.

Ganjar juga telah memerintahkan semua rekanan untuk menghentikan semua pekerjaan perbaikan jalan pada H-10 nanti. "Sebelum H-10, saya minta dilakukan percepatan-percepatan," katanya.



(AMM)

loading...