Resep dan Cara Membuat Lodeh Pepaya Cabe Potong untuk Buka Puasa

Sabtu, 18 Mei 2019 - 12:22 WIB
Resep dan Cara Membuat Lodeh Pepaya Cabe Potong untuk Buka Puasa
Lodeh Pepaya Cabe Potong bisa menjadi menu pilihan berbuka puasa hari ini. Anda pun bisa membuatnya dengan mudah. Foto/INSTAGRAM
A A A
JAKARTA - Bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja? Coba saja bikin lodeh pepaya cabe potong. Cita rasa sayur yang gurih pedas bisa meningkatkan selera makan saat membatal puasa.

Penasaran? Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya. (Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Semur Telur Puyuh untuk Santap Sahur)

Bahan 1:
250 g pepaya muda, dipotong batang korek api
100 g buncis, rajang serong panjang
5 buah cabe merah, potong bulat 1 cm
5 buah cabe hijau, potong bulat 1 cm

Bahan 2: (dirajang)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 3:
6 sdm minyak goreng
750 ml / 3 gelas santan encer
1 saset Desaku Bubuk Lodeh
1½ sdt garam
1 sdm gula pasir
250 ml/ 1 gelas santan kental

Cara Membuat:
Rajang bahan 2. Kemudian tumis bawang putih hingga kekuningan dengan 6 sdm minyak goreng. Masukkan bawang merah, tumis kembali hingga harum dan mulai kekuningan. Larutkan Desaku Bubuk Lodeh dengan santan encer, aduk hingga rata.

Tuang bumbu ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Masukkan pepaya dan buncis, aduk rata hingga cukup matangnya.

Masukkan cabe merah dan cabe hijau, masak hingga aroma langunya hilang. Setelah bahan mulai matang dan menyerap bumbu, masukkan santan kental lalu aduk hingga santan mulai mendidih. Angkat lodeh, sajikan selagi panas.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1487 seconds (0.1#10.140)